alexametrics

Mahasiswa UMS Tolak Kunjungan Sandiaga Uno

22 September 2018, 14:23:23 WIB

JawaPos.com – Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kehadiran Sandi disambut unjuk rasa puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi UMS.

Aksi itu dilakukan para mahasiswa sebagai bentuk penolakan terhadap adanya politisasi kampus. Mereka beranggapan bahwa kehadiran Sandiaga sudah membuat kampus tidak lagi netral dalam Pilpres 2019.

Para mahasiswa menggelar aksi tepat di depan tempat Sandiaga memberikan kuliah umum. Pengunjuk rasa membawa spanduk bertuliskan penolakan adanya politisasi kampus. Selain itu, mereka juga berorasi menggunakan alat pengeras suara.

Sejumlah petugas pengamanan kampus langsung berusaha menghentikan aksi para mahasiswa. Namun mereka terus melakukan perlawanan hingga terjadi aksi saling dorong antara mahasiswa dan petugas keamanan kampus. Petugas akhirnya mengusir para pengunjuk rasa dari area kampus. Meski begitu, aksi yang dilakukan para mahasiswa terus berlangsung.

Para mahasiswa terus berorasi di luar kampus 2 UMS. Salah seorang mahasiswa peserta aksi Abdurahman mengatakan, kehadiran Sandiaga Uno di kampus menjadi kesalahan besar. Ini menjadi bukti adanya politisasi di kampus.

“Ini menjadi kesalahan besar dalam dunia akademik. Seharusnya kampus bebas dari politik dan netral. Sedangkan Sandiaga sudah mendatangi setiap kampus,” ucapnya.

Kehadiran Sandiaga dinilai mencederai kampus dan mahasiswa. Sementara peserta lainnya, Muhammad Ismail menegaskan, penolakan terhadap Sandiaga Uno bukan berarti mahasiswa memberikan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf Amin. Tapi mahasiswa menginginkan agar kawasan kampus bebas dari adanya politisasi.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (apl/JPC)



Close Ads
Mahasiswa UMS Tolak Kunjungan Sandiaga Uno