alexametrics

Sembelih Sapi Jokowi, 30 Orang Sempat Kewalahan

22 Agustus 2018, 11:25:47 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyalurkan sapi kurban di Masjid Nurul Huda, Dusun Ngetal, Desa Margoagung, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Rabu (22/8) pagi usai salat Id, sapi itu disembelih.

Butuh 30 orang untuk menyembelih sapi dari Jokowi. Bahkan mereka sempat kewalahan karena sapi terus berontak. “Sempat tiga kali gagal tadi jagalnya. Gerak-gerak terus tadi (sapinya),” kata Takmir Masjid Nurul Huda Ludiman.

Untuk menjagalnya butuh waktu sekitar 10 menit. Sapi diikat dengan tali dan ditambatkan ke pohon hingga akhirnya berhasil disembelih. “Tambangnya kurang panjang tadi. Sebenarnya kan harus pakai bambu untuk menekan kaki depan dan belakang,” ujarnya.

Selanjutnya, daging sapi dari Presiden Jokowi akan dibagikan kepada 700-800 kepala keluarga (KK). Khususnya warga yang tinggal di 3 kampung. Yakni Ngetal, Beteng, dan Karang di Desa Margoagung.

Selain menyembelih seekor sapi sumbangan Jokowi dengan berat sekitar 900 kilogram, di Masjid Nurul Huda juga ada 2 ekor sapi yang dikurbankan. Masing-masing berbobot sekitar 70 kilogram serta 1 kambing.

Dalam proses penyembelihan, didampingi petugas dari Dinas Pertanian, Pangan, dan Peternakan (DP3) Kabupaten Sleman. Hal itu untuk menjamin keamanan dan kelayakan pangannya.

Kabid Peternakan DP3 Kabupaten Sleman Husni Siswanto menambahkan, pihaknya meyiagakan 14 Puskewan di seluruh Sleman. Ditambah 238 petugas medis dan 51 mahasiswa dari kedokteran hewan.

Mereka disebar ke lokasi pemotongan hewan yang ada di 17 kecamatan serta mengecek hewan kurban yang diperdagangkan di tepi-tepi jalan. “Seluruh hewan kurban sudah mendapatkan pemeriksaan,” ucapnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (dho/ce1/JPC)



Close Ads
Sembelih Sapi Jokowi, 30 Orang Sempat Kewalahan