JawaPos Radar

Meriahnya Malam Takbiran di Sudut Kampung Gadang

22/08/2018, 00:17 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kirab Takbir
KREATIF: Beragam ekspresi warga menyambut Idul Adha di Kelurahan Gadang.  (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Perayaan Hari Raya Kurban di Malang berlangsung meriah. Guna menggemakan malam takbiran, anak-anak, tua dan muda melakukan kirab di jalanan Kampung Kelurahan Gadang Malang.

Selain mengenakan kostum warna-warni dan mencolok mata, juga diramaikan dengan penggunaan properti, semisal mobil yang dihias dengan beragam pernak-pernik. Barisan pertama, diisi dengan anak-anak kecil dari salah satu TPQ di Kelurahan Gadang. Mereka berpenampilan menarik ala penari piring dari Minang. Sembari mengikuti irama lagu dan diselingi alunan takbir, tangannya gemulai mengikuti gerakan tari piring.

Sesuai dengan namanya, tari piring, di tangan mereka juga menempel piring. Namun terbuat dari  kertas. Selain itu, agar semakin semarak ditambahkan lilin pada piring tersebut. 

Kirab Takbir
Kostum yang dikenakan para peserta unik dan lucu. (Tika Hapsari/JawaPos.com)

Pada barisan belakangnya, terdapat rombongan anak yang tak kalah imut. Mereka membawa bambu runcing sebagai simbol perjuangan bangsa. Namanya kirab takbir, meskipun membawa properti menyerupai bambu runcing, namun mulut mereka lantang menyuarakan takbir. 

Sebelum rombongan penari Minang tadi, ada peserta kirab yang membawa hiasan berupa gunungan wayang. Pikap yang sudah dihiasi pun membawa gunungan wayang dalam ukuran besar. 

Gunungan wayang ini merupakan karya dari TPQ Baitul Muttaqin. Abdul Majid, salah satu peserta dari TPQ ini menjelaskan, mereka memang sengaja mengusung tema wayang. "Karena salah satu kesenian Jawa yaitu wayang, kami ingin tampilkan sisi budaya dan religi," kayanya, Selasa (21/8) malam, dis ela pawai. 

Bukan hanya menampilkan kesenian Nusantara, namun juga penampilan kebolehan permainan drum band dari sekolah di wilayah Gadang. 

Sementara itu, panitia kegiatan, Sofiyatul Izzah, menjelaskan, kirab takbir semacam ini memang sudah menjadi agenda rutin tahunan di Kelurahan Gadang, Kecamatan Gadang, Malang. 

Tahun ini, lomba kirab takbir diikuti oleh 19 TPQ dan komunitas masyarakat. Panitia, kata Izzah, tidak menentukan tema khusus. Hanya saja tergantung kreatifitas dari masing-masing TPQ.

"Tapi kalau dilihat memang banyak yang menonjolkan unsur kebudayaan Nusantara. Bagus, karena semua tergantung dengan kreatifitas dari masing-masing kelompok," katanya, kepada JawaPos.com.

Izzah menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah syiar agama. Diharapkan, dengan takbir keliling dan dipadu kreatifitas peserta, dapat mengingatkan kepada warga mengenai makna Idul Kurban. "Kami niatkan syiar agama," tandasnya.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up