alexametrics

Masjid Agung Solo Sembelih 6 Sapi dan 20 Kambing

22 Agustus 2018, 10:30:10 WIB

JawaPos.com – Masjid Agung Solo melaksanakan penyembelihan hewan kurban, Rabu (22/8). Tahun ini, jumlah sapi yang disembelih sebanyak enam ekor. Satu sapi di antaranya merupakan kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sedangkan untuk jumlah kambing yang disembelih sebanyak 20 ekor. Jumlah itu lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya dengan 9 sapi dan 23 kambing.

Ketua Takmir Masjid Agung Solo Muhtarom menjelaskan, sapi dari Presiden Jokowi yang dikurbankan berjenis Limousin dengan berat mencapai 950 kilogram. Selain di Masjid Agung, Presiden Jokowi juga berkurban sapi jenis Simmental dengan berat mencapai 1,1 ton di Masjid Al Wustho.

“Pak Jokowi memang rutin berkurban sapi di Masjid Agung. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Presiden,” ucap Muhtarom, Rabu (22/8).

Selain sapi dari Jokowi, Masjid Agung menerima lima sapi dari warga. Daging hewan kurban akan dibagikan kepada masyarakat. Totalnya sebanyak 1.285 bungkus dengan berat masing-masing lebih kurang 5 ons.

Pembagian akan dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB dan diperkirakan selesai sebelum pukul 15.00 WIB. Untuk mengantisipasi agar tidak ada warga yang mengambil dobel, panitia menyiapkan tinta layaknya saat pencoblosan.

Nantinya, warga yang sudah mendapatkan daging wajib mencelupkan jari ke tinta sebagai tanda sudah mendapatkan daging. “Untuk pengamanan saat pembagian daging, kami melibatkan petugas keamanan. Mulai dari kepolisian, TNI, Satpam Masjid Agung dan dari panitia sendiri,” tukasnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (apl/JPC)



Close Ads
Masjid Agung Solo Sembelih 6 Sapi dan 20 Kambing