alexametrics

Jumlah Hewan Kurban Pusdai Menurun, Ini Faktornya

22 Agustus 2018, 10:26:37 WIB

JawaPos.com – Seluruh umat muslim tengah merayakan hari Idul Adha 1439 H. Dengan suka cita dan semangat berkurban terus mengalir. Idul Adha sebagai momen berbagi dengan berkurban kepada umat yang membutuhkan.

Masjid Pusdai Jawa Barat, menyelenggarakan penerimaan dan pemotongan hewan kurban masyarakat Jabar. Namun pada tahun 2018, diketahui jumlah hewan kurban jauh lebih sedikit dibanding 2017 lalu.

Ketua DKM Pusdai Jabar, KH. Iding Baharudin mengatakan Pusdai mengalami penurunan jumlah hewan kurban. Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi penurunan tersebut.

Hewan kurban pada tahun ini yang dititipkan di Pusdai terbilang sangat terbatas, karena Pemerintah Provinsi Jabar sudha mengatur. Adanya penyembelihan di setiap dinas juga ditempat atau di kampung masing-masing Aparatur Sipil Negara (ASN). Sehingga yang menitipkan di Pusdai hanya jamaah yang transit dan merupakan jamaah Pusdai.

“Selain itu, karena faktor banyak. Yakni masyarakat Jabar banyak yang peduli terhadap gempa di lombok, ada yang masih menyalurkan ke Palestina, Rohingya, sehingga jumlah hewan kurban sekarang sedikit,” kata Iding di Pusdai, Bandung, Rabu (22/8).

Adapun jumlah hewan kurban di Pusdai yakni tiga ekor sapi dan dua domba. Berbeda dwngan tahun sebelumnya yang mencapai tujuh ekor sapi dan 25 domba.

Setelah pemotongan selesai, masyarakat akan berkumpul di aula Pusdai untuk menerima kupon daging kurban. Sekitar 600-700 kantong daging kurban disiapkan untuk masyarakat sekitar Pusdai.

“Jadi warga berkumpul di aula lalu dibagikan kupon dan mendapatkan daging kurban. Tahun ini terbatas jadi kalau sudah memenuhi kuota maka akan ditutup,” pungkasnya.

Untuk diketahui, saa prosesi penyembelihan sapi pertama disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Iwa Karniwa. Dilakukannya pengecekan area pemotongan juga penyerahan seekor sapi (satu dari tiga sapi) Pemprov Jabar kepada Pusdai. 

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (ona/JPC)



Close Ads
Jumlah Hewan Kurban Pusdai Menurun, Ini Faktornya