alexametrics

Demi Dapatkan Daging Kurban, Warga Rela Berdesak-desakan

22 Agustus 2018, 16:15:11 WIB

JawaPos.com – Perayaan Hari Raya Idul Adha disambut suka cita oleh masyarakat muslim. Salah satu hal yang paling ditunggu yakni pembagian daging kurban. Bahkan, sebagian masyarakat rela mengantre dan berdesak-desakan demi mendapatkan sebungkus daging kurban.

Hal itu seperti yang terlihat di Masjid Al Falah, Jalan Bandung, Kota Malang, Rabu (22/8) siang. Ratusan masyarakat pun berlarian merangsek ke dalam halaman masjid ketika panitia membuka gerbang masjid. Mereka berebut demi mendapatkan daging hewan kurban. 

Bahkan, sebelumnya mereka telah menunggu selama kurang lebih dua jam, sebelum antrean pembagian daging tersebut dibuka. Ketua Panitia Penyembelihan hewan kurban, Muhammad Muchlis mengatakan, panitia sempat menunda beberapa menit sebelum akhirnya membagikan daging tersebut kepada masyarakat. 

“Sistem bergantian masuk kami terapkan, agar pembagian daging kurban tidak ricuh,” ujarnya. 

Dia mengungkapkan, setidaknya ada lebih dari 1000 bungkus daging kurban yang dibagikan. Masing-masing kantongnya berisi empat ons daging sapi maupun kambing. Dia mengaku, dibanding tahun lalu, jumlah hewan kurban yang disembelih kali ini memang lebih banyak. 

“Ada empat sapi dan sembilan kambing,” kata dia. Pendistribusian pun dilakukan secara merata, bahkan tidak memerlukan kupon. 

Sementara itu, salah satu warga yang rela mengantre, Musiyah, mengaku rela mengantre lama untuk mendapatkan daging kurban karena momen menikmati daging bisa dibilang langka. “Kan momen ini setahun sekali. Jadi ya mau gamau harus antre,” terangnya. 

Pada pembagian daging kurban ini, pihak panitia juga memberdayakan guru dan siswa disekitar masjid untuk membantu. Setidaknya ada sekitar 100 siswa yang terlibat. Mereka juga memastikan jika pendistribusian daging dilakukan dengan adil. “Kami menyiapkan tinta untuk penerima daging. Usai menerima daging, mereka harus mencelupkan jari sebelah kiri ke tinta,” tutupnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (fis/JPC)

Demi Dapatkan Daging Kurban, Warga Rela Berdesak-desakan