JawaPos Radar

Cara Merobohkan Hewan Kurban Ternyata Pengaruhi Kualitas Daging

22/08/2018, 18:10 WIB | Editor: Budi Warsito
Cara Merobohkan Hewan Kurban Ternyata Pengaruhi Kualitas Daging
Hewan kurban yang disembelih di UMM.  (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ada hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan menyembelih hewan kurban. Hal itu adalah kesehatan hewan kurban sebelum disembelih dan saat disembelih. Selain itu, saat hewan kurban setelah disembelih juga perlu untuk perhatikan.

Menurut Imbang Dwi Rahayu, Tim Pemantau Kesehatan Hewan Kurban, dalam menyembelih hewan kurban, kali ini Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan pemantauan dan memperhatikan kesehatan hewan sebelum disembelih. Namun juga saat dan sesudah penyembelihan.

"Kesehatan itu tidak hanya dicek saat ternak hidup, namun kami juga melakukan pengecekkan saat dan sesudah disembelih," papar Imbang, Rabu (22/8). 

Lebih lanjut, Imbang juga menyampaikan bahwa, dengan memperhatikan proses perawatan hewan kurban, adalah upaya UMM dalam memerhatikan ketahanan pangan. Mengingat daging hewan kurban ini akan dikonsumsi oleh masyarakat.

"Kami benar-benar memperhatikan keamanan dan kesehatan hewan-hewan kurban tersebut. Ini adalah upaya UMM dalam meningkatkan keamanan pangan," imbuhnya. 

Sementara itu, proses sebelum penyembelihan juga menjadi perhatian tim. Salah satunya pada ketika perobohan hewan. Menurut Imbang, kesalahan perlakuan pada hewan kurban juga memengaruhi kualitas daging hewan kurban.

"Perlakuan yang benar memengaruhi kualitas daging. Kalau hewan stress daging yang akan diolah tidak bisa menghasilkan daging yang layak dikonsumsi karena daging akan alot," papar dosen Program Studi Peternakan tersebut.

Penangan secara insan juga diberikan pada hewan-hewan kurban tersebut. Seperti pada saat proses awal penyembelihan, satu kali tebas di bagian lehar harus putus tiga jalur, utamanya jalur darah yang harus dengan cepat terputus.

"Tata cara yang dianjurkan dalam Islam telah sesuai dengan cara-cara medis dalam pemotongan hewan. Jika dilakukan secara runtut dan benar, maka kualitas daging kurban akan terjamin," tandas dia.

Pada Idul Adha atau Hari Raya Kurban tahun ini, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyiapkan sebanyak tujuh ekor sapi dan 21 ekor kambing untuk disembelih. Saat penyembelihan mereka pun benar-benar memperihatikam kesehatan hewan kurban tersebut.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up