JawaPos Radar

Bupati Tuban Tekankan Daging Kurban Harus Disalurkan Pada yang Berhak

22/08/2018, 21:07 WIB | Editor: Budi Warsito
Bupati Tuban Tekankan Daging Kurban Harus Disalurkan Pada yang Berhak
Sapi kurban yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Haji. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Penyembelihan hewan kurban di Kabupaten Tuban, Rabu (22/8) terpusat di Masjid Agung Tuban. Setelah melaksanakan Salat Idul Adha, dilanjutkam dengan penyembelihan hewan
kurban yang diserahkan oleh Bupati Tuban, Fathul Huda, Wabup dan Forkopimda Kabupaten Tuban.

Bupati Tuban, Fathul Huda mengungkapkan bahwa bulan Dzuhijah merupakan salah satu dari empat bulan istimewa dalam kalender islam. "Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Karena dapat ditakdirkan bertemu dengan bulan yang mulia ini," ungkap Huda, Rabu (22/8).

Lebih lanjut, Bupati Huda juga berharap daging hewan kurban dapat diserahkan hari ini dan disalurkan dengan baik. "Harus disalurkan kepada penerima yang berhak," tutur dia.

Pada kesempatan yang sama, Huda menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyemarakkan Idul Adha 1439 H. Hal ini, menjadi bentuk syiar agama islam di Bumi Wali Tuban. Tidak hanya itu, apresiasi juga diberikan kepada jajaran Polres Tuban dan Kodim 0811 Tuban yang telah menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Tuban. 

Untuk diketahui, jumlah hewan kurban yang dihimpun Pemkab Tuban sebanyak 16 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Adapun rincian meliputi seekor sapi dari Bupati Tuban, 11 ekor sapi dari gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tuban, seekor sapi PT Semen Indonesia Pabrik Tuban, seekor sapi dari PT TPPI, 1 ekor sapi dari Bank Jatim Cabang Tuban dan 1 ekor sapi dari PLTU Tanjung Awar-awar Tuban.

Sedangkan untuk  kambing dari Pentawira dan donatur lainnya. Pada kesempatan yang sama, Kapolres Tuban juga menyerahkan satu ekor sapi kepada Masjid Agung.

Selanjutnya, hewan qurban yang diterima akan diserahkan kepada panitia penyembelihan hewan qurban Masjid Agung Tuban, PC Nahdlatul Ulama Tuban, PD Muhammadiyah Tuban, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Tuban, dan Pasukan Kebersihan Kota Dinas PRKP masing-masing satu ekor sapi. Sedangkan 11 ekor sapi dan 4 ekor kambing akan disalurkan kepada pondok pesantren dan masjid di beberapa kecamatan di Kabupaten Tuban.


Sebelumnya, pada Selasa (21/8) malam Pemkab Tuban juga mengadakan Takbir Keliling yang diikuti OPD, Lembaga Vertikal, sekolah di Kabupaten Tuban. Bupati, Wabup bersama Forkopimda Kabupaten Tuban memberangkatkan sebanyak 117 mobil untuk Takbir Keliling. Dengan pengawalan dari Polres Tuban, iringan mobil mengelilingi jalanan protokol Kota Tuban mengumandangkan  takbir dan tahmid.

(yud/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up