JawaPos Radar

Ajak Anak Tinjau Penyembelihan, Anies Ingin RPH Jadi Sarana Belajar

22/08/2018, 21:18 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Ajak Anak Tinjau Penyembelihan, Anies Ingin RPH Jadi Sarana Belajar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) PD Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur bersama anak ketiganya Kaisar Hakam pada momen Idul Adha 1439 H, Rabu (22/8). (Yesika Dinta/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) PD Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur. Anies dalam kegiatan itu ditemani anak ketiganya Kaisar Hakam, Rabu (22/8) sore.

Pantauan JawaPos.com di lokasi, Anies dan Kaisar yang ditemani Direktur Utama PD Dharma Jaya Johan Romadhon dan tim dari lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkeliling melihat proses penyembelihan yang menggunakan tekonologi mesin.

“Kita menyaksikan proses pemotongan sapi-sapi kurban dari Pemprov menitipkan bersama ACT di sini ada 140 sapi, 70 dipotong hari ini, 70 dipotong besok,” ujar Anies usai peninjauan.

Menurutnya, hal itu menjadi sebuah pendekatan yang menarik untuk mengajak warga Jakarta agar memanfaatkan RPH bila ingin menyembelih hewan, terutama pada momen Hari Raya Idul Adha.

“Pemotongannya sapi itu ditaati seluruhnya, secara higenis, kesehatan juga lebih baik, ada pemeriksaan kesehatan oleh DKPKP. Dia memastikan bahwa sapi-sapi yang dipotong di sini adalah sapi yang sehat sehingga aman untuk dikonsumsi,” terangnya.

Dia juga mengagumi proses penyembelihan yang cepat sehingga bisa memangkas waktu. “Prosesnya cukup efisien. Jadi kita berharap ini bisa dimanfaatkan oleh warga Jakarta. Karena sapi-sapi yang dipotong di Jakarta jumlahnya cukup banyak, proses pemotongannya pun tidak sederhana,” tandas dia.

Dia berharap, selain digunakan untuk penyembelihan, RPH bisa dimanfaatkan lebih banyak lagi. Misalnya, menjadikan tempat tersebut sebagai sarana belajar berupa lokasi study tour bidang peternakan.

“Nanti bisa dimanfaatkan untuk anak-anak belajar melihat proses pemotongan sapi, sehingga harapannya menumbuhkan minat anak untuk bisa tertarik di bidang peternakan. Kita yang sudah tinggal di kota ini biasanya jauh dari kegiatan pertanian peternakan padahal kita adalah konsumen akhir,” papar Anies.

Sementara itu, Direktur Utama PD Dharma Jaya Johan Romadhon melaporkan bahwa hari ini pihaknya menyembelih total 170 ekor sapi untuk keperluan Lebaran Kurban. Jumlah itu belum termasuk penyembelihan rutin RPH yang mencapai 80-100 ekor sapi per hari.

“Jadi total hari ini 250 ekor yg kami ini (sembelih). Sementara yang harian ya antara 80-100 ekor tadi perhari yang kami sembelih,” jelasnya pada kesempatan yang sama.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up