alexametrics

4 Warga Asing Berkurban di Semarang

22 Agustus 2018, 11:55:11 WIB

JawaPos.com – Puluhan ekor hewan kurban disembelih di Kompleks Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Gayamsari, Sambirejo, Semarang, Rabu (22/8). Selain dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), ada pula hewan kurban dari warga negara asing (WNA).

“Ada tiga warga negara Singapura, satu keluarga. Kemudian satu warga negara Jerman keturunan Turki. Mereka menyumbang kambing,” ungkap Humas MAJT Beni Arif Hidayat.

Keempat WNA itu tidak tinggal di Kota Semarang. “Mereka di tinggal negaranya, untuk yang warga Singapura. Yang Jerman itu turis. Keempatnya memang meniatkan untuk berkurban di Indonesia dan mereka sudah mengamanahkan seluruh proses ke kami,” tandasnya.

Sementara itu, prosesi penyembelihan hewan kurban menyedot perhatian ratusan warga sekitar. Mereka menyaksikan keseluruhan pemotongan sapi dan kambing hingga jelang siang.

Sapi kurban dari Presiden Jokowi berjenis Benggala dengan bobot lebih dari 1 ton. Awalnya, sapi berada di kandang bersama hewan lainnya untuk. Sekitar pukul 08.30 WIB, sapi dan kambing kurban mulai digiring ke tempat pemotongan.

Hewan kurban milik Jokowi disembelih pada kloter awal. Selanjutnya pemotongan sapi kurban dari Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Jenisnya pun Benggala, sama seperti sapi dari Jokowi.

Ketua Panita Kurban Sarjuli mengatakan, ada sebanyak 33 hewan kurban yang disembelih di MAJT. Terdiri atas 13 ekor sapi dan 20 ekor kambing. “Selain punya Pak Jokowi, ada juga punya Pak kapolda (Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono), Pak wali kota ( Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi). Ada juga dari Pangdam Diponegoro, PGN, Udinus. Tapi kalau kambing perorangan, seperti pengusaha,” paparnya.

Hewan kurban yang disembelih di masjid kebanggaaan warga Jateng mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Perayaan Idul Adha sebelumnya hanya ada 9 ekor sapi dan belasan ekor kambing.

Prosesi penyembelihan melibatkan petugas jagal dari Rumah Potong Hewan (RPH) setempat. “Diawasi petugas dari dinas juga. Karena kami tak mau mengambil risiko tentang bagaimana cara menyembelih yang sehat,” sambungnya.

Dari sekian banyak hewan kurban yang disembelih, diperkirakan diperoleh sekitar 6.500-7.500 bungkus daging. Nantinya daging disalurkan kepada yang membutuhkan bagi warga yang membutuhkan di Kelurahan Sambirejo dan sekitarnya, panti asuhan, pondok pesantren, serta petugas masjid.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (gul/JPC)

4 Warga Asing Berkurban di Semarang