JawaPos Radar

Mau Berinteraksi Dengan Hewan Langka, Bisa ke Tempat Ini

22/07/2018, 07:05 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Mau Berinteraksi Dengan Hewan Langka, Bisa ke Tempat Ini
Anak-anak yang dapat berinteraksi langsung dengan hewan di Faunaland Ancol, Jakarta Utara. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ingin berlibur dengan nuansa hijau seperti di hutan belantara, ternyata tidak perlu jauh-jauh harus ke Bogor. Terlebih jika ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, tapi juga bisa mendukung edukasi untuk anak.

Faunaland Ancol di Jakarta Utara jawabannya. Kebun Binatang mini dengan luas keseluruhan 5 hektare ini memiliki konsep yang menarik, dan membuat siapapun penasaran untuk berkunjung yaitu unik dan langka.

"Kami mengedepankan satwa yang unik dan langka. Targetnya juga untuk edukasi anak, membuat anak mengenal hewan, naik perahu mengitari sungai, jadi mendekatkan anak sama alam," ujar Kepala Operasional Faunaland, Frengky saat ditemui di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (21/7).

Mau Berinteraksi Dengan Hewan Langka, Bisa ke Tempat Ini
Anak-anak yang dapat berinteraksi langsung dengan hewan di Faunaland Ancol, Jakarta Utara. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)

"Sebab tahu sendiri kan, jaman sekarang mall, teknologi segala macem, karena mini zoo antar exhibit (ruang pameran antar hewan) itu dekat," tambahnya.

Dengan desain yang hampir mirip dengan hutan, jalur pejalan kaki pun dibuat melintasi danau, sungai dan jembatan penyebrangan. Tidak hanya itu, pepohonan menjadikan mini zoo ini semakin sejuk.

Kesan unik sangat melekat ketika para pengunjung memasuki kawasan ini, karena akan diawali memasuki zona Pulau Burung. Tanpa diikat atau dikandang, setiap burung mulai dari Kakak Tua, Beo, Kakatua Jambul Kuning dan Burung Kasturi khas Papua dan jenis burung lainnya terlatih untuk bertengger dengan bebas di batang pohon.

"Untuk yang bertengger ini memang sudah jinak, kita latih jadi pengunjung bisa langsung berfoto dan berinteraksi dengan para burung-burung di sini," terang Frengky.

Dengan mengutamakan keselamatan, kawasan ini pun dijaga oleh beberapa keeper yang bertugas untuk menjaga dan membantu pengunjung untuk mengarahkan burung bertengger ke tangan, pundak atau kepala pengunjung.

"Untuk menjaga stamina hewan, keeper terus berkeliling, total satwa di sini secara jumlah hampir 125 hewan dengan beragam ya sampai 30 jenis, contoh jenis burung saja sampai 30 jenis, belum yang lain," jelasnya.

Setelah Pulau Burung, pengunjung disuguhkan oleh beberapa kandang para satwa langka dan unik seperti Kura-Kura Aldabra, keledai mini yang sudah tua namun ukurannya kecil, kambing mini, bahkan ada Kangguru Putih yang langsung didatangkan dari New Zealand.

"Yang unik lagi itu Kangguru Putih orang cuman tahu selama ini Kangguru Abu-abu Hitam. Kita punya kayak albino, ditemukan satu dari seribu Kangguru. Ya secara fisik sehat tapi ya memang ini genetik tapi jadi keunikan, mata juga merah kayak albino banget," tutur Frengky.

Dalam merekatkan komunikasi anak dan orang tua, adapula fasilitas menunggang kuda poni. Serta, orang tua dapat menemani buah hati di kandang kelinci. Bahkan, yang paling menarik adalah dapat memberi makan Singa Putih (White Lion) yang berasal dari Afrika Selatan.

"Visi misi ke depan itu memang buat edukasi anak, diharapkan orang tua sebanyak mungkin bawa anak untuk memperkenalkan alam dan hewan. Kita harus bangga Indonesia punya ragam hewan yang berbagai macam. Ke depan untuk siapa kembali lagi untuk anak cucu kita, kalau bukan kita siapa lagi," pungkasnya.

Hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp 50.000 di hari biasa dan Rp 70.000 pengunjung sudah bisa mengeksplor Fauna Land, bahkan setiap harinya akan ada sajian Bird Show yang tampil di jam-jam tertentu baik weekend dan weekday.

(rgm)

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up