JawaPos Radar | Iklan Jitu

Halangi Pemandangan, Anies Minta JPO Bundaran HI Dirobohkan

22 Juli 2018, 21:44:22 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Anies Baswedan
SIDAK: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pengerjaan penataan jalan dan trotoar Jalan Sudirman-Thamrin di JPO Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (Yesika/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Demi menjadikan Jakarta menjadi kota yang indah di mata dunia saat gelaran Asian Games 2018, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menghilangkan jembatan penyeberangan orang (JPO) yang berada di area Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

“Jembatan penyeberangan yang sekarang masih ada di dekat Bundaran Hotel Indonesia akan kita turunkan (robohkan),” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung Le Meridien, Jakarta Pusat, Minggu (22/7).

JPO tersebut akan dirobohkan lantaran dianggap menggangu pemandangan dari Monumen Selamat Datang. Tujuannya agar saat perhelatan olahraga terbesar se-Asia itu berlangsung, baik atlet maupun wisatawan bisa melihat tugu yang dibangun sejak Asian Games 1962.

“Dengan JPO yang diturunkan nanti, semua orang yang lewat dari Jalan Thamrin ke arah Sudirman akan bisa melihat patung ini juga seperti semula. Dan insya Allah jalanan Jakarta sudah rapi pada saat Asian Games,” tuturnya 

Sebagai gantinya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan rencana jangka panjang untuk mendirikan penyeberangan lewat bawah tanah. Sementara ini, pejalan kaki bisa memanfaatkan fasilitas dari stasiun mass rapid transit (MRT) Bundaran HI yang akan rampung tahun depan.

“Nantinya akan ada jalur lewat bawah karena nanti Anda lihat di MRT itu akan dibangun justru tempat berhentinya Transjakarta. Nantinya tidak lagi naik ke atas, tapi akan turun ke bawah. Lalu dari bawah mereka akan bisa jalan ke trotoar di kanan kirinya. Jadi nanti tidak di atas tapi akan ada di bawah,” terang Anies.

Sebelumnya, Anies meninjau pengerjaan penataan jalan dan trotoar Jalan Sudirman-Thamrin, Minggu (22/7). Dia ingin memastikan bahwa pada akhir bulan masyarakat sudah bisa menggunakan atau melintasi trotoar dengan lebih nyaman dibandingkan sebelumnya.

“Perbaikan trotoar insya Allah minggu depan akhir bulan sudah selesai semua. Sudah selesai semua itu artinya yang memang direncanakan selesai sampai dengan akhir bulan akan tuntas,” pungkasnya.

(ce1/yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up