alexametrics

Vaksinasi Masal BIN Kalsel Dukung Transisi Pandemi Covid-19 ke Endemi

22 Juni 2022, 06:32:36 WIB

JawaPos.com–Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Selatan menggelar vaksinasi masal di Pasar Bauntung Banjarbaru. Itu sebagai upaya mendukung transisi dari pandemi ke endemi Covid-19.

Kepala BIN Kalsel Brigjen Pol Heri Armanto menjelaskan, kegiatan tersebut sudah berulang kali dilaksanakan. Hal itu sebagai bentuk dukungan atas kebijakan pemerintah yang mulai bertransisi menuju fase endemi Covid-19.

”Kegiatan ini kita laksanakan secara terpusat di Pasar Bauntung Kota Banjarbaru, serta juga di beberapa kabupaten dan kota lain di Kalsel,” ujar Heri seperti dilansir dari Antara di Banjarmasin.

Vaksinasi menurut dia, adalah salah satu syarat agar transisi tersebut bisa terwujud. Dengan vaksinasi imunitas masyarakat dan kekebalan komunal dapat terbentuk.

”Vaksinasi Covid-19 masih menjadi salah satu fokus utama BIN dalam penanganan pandemi. Untuk itu, kita mengimbau kepada seluruh masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi, baik primer maupun booster, agar mengikuti vaksinasi di gerai-gerai yang telah disediakan pemerintah,” tutur Heri.

Heri menyampaikan, saat ini masyarakat dihadapkan pada temuan varian baru Covid-19 Omicron. Yakni subvarian BA.4 dan BA.5 yang membuat angka kasus Covid-19 kembali naik.

Dengan latar belakang temuan tersebut, dia menilai, protokol kesehatan masih penting untuk diterapkan masyarakat dalam keseharian. Demi wujudkan endemi, BIN Kalsel pada 2022 telah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada 624.488 orang dengan sasaran masyarakat umum, seperti lansia dan anak-anak.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads