alexametrics

Positif Covid-19, Empat CJH di Jatim Batal Berangkat ke Tanah Suci

22 Juni 2022, 20:50:53 WIB

JawaPos.com–Keberangkatan beberapa calon jamaah haji (CJH) harus tertunda akibat Covid-19. Total ada 4 CJH yang batal berangkat pada Senin (20/6).

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya Abdul Haris menjelaskan, mereka berasal dari kelompok terbang (kloter) 24 asal Kabupaten Jember, Banyuwangi, Situbondo, dan Sidoarjo. Seluruh CJH telah datang di Hall Mina Asrama Haji Sukolilo pada Senin (20/6) pukul 09.00 WIB.  Sedangkan Kloter 25 asal NTT dan Kabupaten Sidoarjo diterima petugas di Hall Muzdalifah pada pukul 11.00 WIB.

”Terdapat 4 orang jamaah haji asal Kabupaten Situbondo yang belum bisa masuk Embarkasi karena hasil PCR positif. Dari Situbondo tadi, 4 orang yang harus tunda berangkat karena hasil PCR positif tanpa gejala. Tiga perempuan dan 1 laki-laki. Kita doakan semoga lekas negatif sehingga bisa bergabung dengan kloter berikutnya,” tutur Haris pada Rabu (22/6).

Selain itu masih terdapat 4 jamaah yang masih dirawat di RS Haji Surabaya. Yakni dari kloter 16 dan 17 asal Kabupaten Pasuruan, kloter 22 asal Sidoarjo, serta kloter 23 asal Kabupaten Pamekasan.

”Ada juga 2 orang yang harus menjalani perawatan khusus di tempat asalnya dan setelah dinyatakan sehat, bisa bergabung dengan kloter berikutnya,” terang Haris yang juga sebagai Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Haris menambahkan, kloter 24 telah diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya menuju Bandara Juanda, Selasa (21/6). Sebanyak 281 jamaah haji asal NTT (Nusa Tenggara Timur) mulai memasuki Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) Sukolilo sejak Senin (20/6). Mereka akan menjalani persiapan sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Dia mengatakan, jamaah haji dari NTT tergabung dalam kloter 25 bersama dengan jamaah haji asal Kabupaten Sidoarjo. Jamaah haji NTT terbanyak berasal dari Kota Kupang 123 jamaah, sedangkan jamaah paling sedikit berasal dari Kabupaten Sumba Barat 2 orang.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads