JawaPos Radar | Iklan Jitu

Flyover Tanjung Barat dan Perpanjangan Underpass Senen Dibangun 2019

22 Juni 2018, 17:05:59 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Flyover Tanjung Barat dan Perpanjangan Underpass Senen Dibangun 2019
Ilustrasi pembangunan fly over di Jakarta. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan berbagai proyek infrastruktur yang baru demi menjadikan ibu kota lebih nyaman untuk warganya. Pada 2019,  Jakarta akan memiliki wajah baru dengan pembangunan yang terus berjalan.

Salah satunya, yakni proyek simpang tak sebidang yang terus diupayakan Dinas Bina Marga DKI Jakarta. Di beberapa kota administrasi, jalan layang atau flyover dan jalan bawah tanah atau underpass masih dibutuhkan untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

“Ada dua lokasi, Underpass Senen ekstension (perpanjangan) dan Flyover Tanjung Barat IISIP,” ujar Kasie Pembangunan Simpang Tak Sebidang (STS) Bina Marga Hananto Krisna saat dihubungi JawaPos.com, Senin (11/6).

Flyover Tanjung Barat dan Perpanjangan Underpass Senen Dibangun 2019
Ilustrasi pembangunan fly over di Jakarta. (Dok. JawaPos.com)

Underpass Senen, Jakarta Pusat akan diperpanjang hingga menuju Lapangan Banteng. Panjangnya terhitung mencapai 600 meter.

Sementara itu, Flyover Tanjung Barat, Jakarta Selatan akan dibangun tepatnya sekitar Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta. Daerah tersebut terkenal dengan kemacetan karena merupakan perbatasan antara Jakarta Selatan dan Depok, Jawa Barat.

Dengan anggaran ratusan miliar, flyover akan dibangun sebanyak dua buah dan masing-masing akan memiliki panjang sekitar 500 meter. Hananto menyebut proyek secara keseluruhan akan rampung pada 2021 mendatang.

“Underpass untuk mengurai kemacetan di persimpangan Senen dan untuk Flyover bertujuan menghilangkan persimpangan tak sebidang antara jalan raya dengan jalan rel kereta api,” tuturnya.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up