alexametrics

Sasar Remaja, Polda Jatim Lanjutkan Program Percepatan Vaksinasi

22 Mei 2022, 17:15:11 WIB

JawaPos.com- Tidak seperti tahun lalu, perkembangan kasus Covid-19 pasca-Lebaran, sejauh ini masih menunjukkan tren pelandaian. Termasuk di wilayah Jawa Timur. Pemerintah pun belakangan telah memberikan sejumlah pelonggaran. Salah satu di antaranya seputar ketentuan pemakaian masker di ruang terbuka.

Meski demikian, hal itu tidak lantas mengendurkan program vaksinasi. Terutama dosis kedua dan booster. Sebab, ada korelasi kuat antara keberhasilan vaksinasi dengan tren pelandaian kasus Covid-19. Karena itu, beberapa pihak masih terus menggencarkan program vaksinasi demi menjaga iminutas dari paparan virus korona.

Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Jatim, misalnya. Sejauh ini,  mereka terus melakukan akselerasi vaksinasi. ’’Alhamdululillah saat ini memang perkembangan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia, dan di Jawa Timur pada khususnya, terus membaik. Semoga ke depan bisa semakin membaik lagi,’’ kata Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol Erwin Zainul Hakim, Minggu (22/5).

Namun, lanjut dia, pihakanya masih akan terus memaksimalkan pelayanan vaksinasi. Hal itu juga sesuai arahan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta. Dia mengungkapkan, serapan vaksinasi saat momen arus mudik dan arus balik  Lebaran lalu cukup bagus. ‘’Nah, pasca-Lebaran terus kita lanjutkan,’’ ungkapnya.

Untuk program vaksinasi saat ini, pihaknya akan menyasar kelompok remaja. Khususnya, bagi mereka yang belum vaksin dosis dua. Erwin mengatakan, setelah Lebaran, ada droping lagi vaksin jenis Moderna dan Pfizer.

’’Untuk vaksin jenis Pfizer akan kita khususkan pada remaja yang belum vaksin dosis kedua. Sedangkan untuk Moderna, diarahkan untuk booster,” ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: