alexametrics

Gaji ke-14, Pemprov Sulsel Siapkan Rp 94 Miliar

22 Mei 2018, 16:50:11 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sulsel) akan mencairkan gaji ke-14 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). Alokasi anggaran senilai Rp 94,7 miliar sudah disiapkan. Anggaran tersebut bakal dicairkan sebelum hari raya Idul Fitri.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel Andi Arwin Azis mengatakan, gaji ke-14 sebagai pengganti tunjangan hari raya (THR) bagi PNS. Anggaran akan dicairkan bagi 27 ribu lebih PNS di lingkup Pemprov Sulsel. “Kami sudah siapkan. Tapi namanya bukan THR. Karena tidak lagi dibenarkan,” kata Arwin di Makassar, Selasa (22/5).

Nilai gaji ke-14 ditentukan berdasarkan besaran gaji pokok masing-masing pegawai. Pemprov tinggal menunggu petunjuk teknis seputar pencairannya dari pemerintah pusat. “Nominalnya di luar tunjangan. Soal pencairannya tidak masalah. Karena sudah kami alokasikan. Setiap saat bisa dibayarkan,” jelasnya.

Pemprov Sulsel memastikan tidak ada gaji ke-14 bagi tenaga honorer atau non-PNS. Sebap sesuai aturan lanjut Arwin, gaji tersebut ditentukan dari besaran nilai gaji pokok. Sedangkan tenaga honorer tidak punya gaji pokok.

Tahun ini, PNS diketahui bakal menerima 14 kali gaji pokok. Selain 12 kali gaji bulanan dan gaji ke-14, pegawai juga menerima gaji ke-13 yang dicairkan sebelum tahun ajaran baru anak sekolah.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (rul/JPC)



Close Ads
Gaji ke-14, Pemprov Sulsel Siapkan Rp 94 Miliar