alexametrics

Dua TPS di Surabaya Coblosan Ulang Sabtu Mendatang

22 April 2019, 18:57:21 WIB

JawaPos.com – KPU Surabaya memutuskan akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU), Sabtu mendatang (27/4). KPU akan menggelar coblosan ulang di TPS 28 Kelurahan Rungkut Menanggal dan TPS 11 Kelurahan Lidah Kulon.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengatakan, pihaknya akan menggelar PSU di TPS 28 untuk DPR RI, DPD, Pilpres, dan DPRD Provinsi. Sedangkan TPS 11, akan digelar PSU untuk DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten kota.

“Bawaslu mengeluarkan rekomendasi terhadap dua TPS di Surabaya yang harus PSU, TPS 28 dan TPS 11. Tanggal 27 April akan kami laksanakan,” kata Syamsi di kantor KPU Surabaya, Senin (22/4).

Syamsi mengatakan, pelanggaran di dua TPS tersebut, memenuhi persyaratan untuk gelar PSU. Salah satunya, karena ada pemilih pindah pilih yang memilih hanya bermodal KTP yang bukan domisili Surabaya.

Ada enam pemilih itu yang mencoblos di TPS 28. Sementara, ada dua pemilih itu yang mencoblos di TPS 11. Menurutnya, seharusnya pemilih tersebut tidak dapat mencoblos di Surabaya hanya bermodal E-KTP luar kota.

“Anggota KPPS sebenarnya telah memfilter itu. Tapi warga, yang sebenarnya sudah lama berdomisili di situ (sekitar lokasi TPS) , tapi swcara administrasi, bukan orang di situ,” kata Syamsi.

Syamsi memandang pemilih seperti itu, juga tidak berhak menjadi pemilih khusus. Sehingga, dirinya memutuskan untuk menggelar PSU.

Penyelenggaraannya, tentu dengan mekanisme yang telah diatur. Yakni, dengan formulir C6. Petugas KPPS yang akan menyampaikan formulir itu kepada pemilih yang berhak.

“Pemilih yang berhak itu siapa, pemilih yang terdaftar sebagai pemilih tetap dan yang memang berhak sebagai pemilih DPK (daftar pemilih khusus). Tentu, enam.pemilih itu tidak dikasi formulir C6,” jelasnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Aryo Mahendro



Close Ads