alexametrics

Catat Rekor Muri, “Kartini” Kibarkan Merah Putih dari Dalam Laut

22 April 2018, 13:13:54 WIB

JawaPos.com – Hari Kartini kemarin menjadi momen bersejarah bagi Pramuka Saka Bahari Lantamal V. Mereka berhasil membentangkan dan mengibarkan bendera dari dalam laut.

Aksi tersebut melibatkan 214 perempuan penyelam. Kegiatan yang digelar di Pantai Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur, itu pun akhirnya tercatat di Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri). “Kalian melukis sejarah, luar biasa,” ujar Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Laksamana Muda TNI Edi Sucipto kepada para penyelam.

Jumlah 214 penyelam itu sekaligus melambangkan Hari Kartini. Yakni, tanggal 21 bulan 4 (April).

Catat Rekor Muri, “Kartini” Kibarkan Merah Putih dari Dalam Laut
Pembentangan dan pengibaran bendera merah putih dari dasar laut untuk memperingati hari Kartini, 21 April, diprakarsai Pramuka Saka Bahari Lantamal V di Pasir Putih Situ. (Guslan Gumilang/Jawa Pos)

Penyelaman berlangsung pukul 08.00. Sebelum menyelam, peserta yang terdiri atas Komando Wanita Angkatan Laut (Kowal), Jalasenastri, polisi, komunitas selam, anggota Pramuka Saka Bahari Lantamal V, dan peserta lain melakukan persiapan. Mereka terbagi dalam empat kelompok.

Setelah 45 menit mendapat pengarahan dari tim pembina dari TNI-AL, para penyelam lantas berjalan menuju ke tiang yang sudah disiapkan panitia. Tiang setinggi 21 meter itu berada 500 meter dari bibir pantai.

Begitu mendekati tiang, satu per satu penyelam mulai “menghilang”. Di waktu bersamaan, upacara peringatan Hari Kartini dimulai. Inspektur upacaranya Herniwati Edi Sucipto, ketua cabang 6 Pengurus Gabungan Mabesal.

Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin dan Ketua Korcab V DJAT Wenny Edwin turut hadir. Begitu pula Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi, dan Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono.

Saat awal lagu Indonesia Raya berkumandang, bendera di tiang yang berada di tengah pantai itu belum tampak. Peserta upacara tetap menunggu. Sambil melihat ke pantai, ada beberapa yang menyaksikan proses penarikan bendera yang ditampilkan pada monitor.

Pada lirik “Bangsaku rakyatku semuanya…”, bendara Merah Putih muncul di permukaan. Perlahan, bendera itu terus naik hingga ke ujung tiang. Pembentangan dan pengibaran bendera dari bawah laut pun tuntas. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (riq/c10/ttg)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Catat Rekor Muri, "Kartini" Kibarkan Merah Putih dari Dalam Laut