JawaPos Radar

Rekrut Komunitas Gay, Begini Penjelasan KPU

22/04/2017, 07:38 WIB | Editor: Imam Solehudin
Rekrut Komunitas Gay, Begini Penjelasan KPU
Ilustrasi (Dok.JawaPos)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membenarkan jika pihaknya merekrut komunitas gay untuk membantu pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Bekasi dan Jawa Barat. 

Mereka nantinya akan dijadikan sebagai relawan demokrasi yang bertugas melakukan sosialisasi kepada masyarakat.  

Komisioner KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni, mengatakan perekrutan komunitas gay tidak menyalahi aturan selama yang bersangkutan mempercayai sistem demokrasi. Keterlibaan komunitas gay ini juga sudah mendapatkan dukungan dari KPU pusat

"Syaratnya sama dengan relawan demokrasi lainnya, yang penting memperayai sistem demokrasi," ujar Nurul dilansir Radar Bekasi Online (Jawa Pos Grup), kemarin (21/4).

Nurul mengatakan, saat pilpres 2014 lalu ada satu orang yang berasal dari komunitas gay. Kota Bekasi juga menjadi satu-satunya di Jawa Barat yang memiliki relawan dari kaum gay.

Dia menargetkan jumlah tersebut bisa bertambah pada pilkada serentak kali ini. Pemilihan yang bersamaan membutuhkan energi lebih banyak untuk melakukan sosialisasi.

"Apalagi untuk kaum gay sendiri selama ini tidak tertata dengan baik. Maka dari itu kami berharap tingkat partisipasinya juga meningkat jika ada penambahan pada relawan demokrasi," katanya.

KPU Kota Bekasi membagi lima segmen yang tergabung dalam relawan demokrasi, seperti pegiat agama, penyandang disabilitas, kelompok pemilih pemula, kaum marjinal, dan komunitas gay.

Dari lima segmentasi tersebut, KPU Kota Bekasi membuka pendaftar bagi 25 calon relawan demokrasi. Nurul memastikan keterlibatan komunitas gay tidak akan memunculkan praktik.

"Selama hak politiknya tidak dicabut mereka semua berhak terlibat," jelasnya.

Menurutnya, kaum gay lebih condong bersikap apatis terhadap penyelenggaraan pilkada. Sebab, mereka merasa siapapun pemimpinnya tidak akan mampu mewujudkan haknya sebagai anak bangsa.

"Target kami meningkatkan partisipasi pemilih dengan menggiatkan banyak sosialisasi untuk meminimalisir apatisme mereka," pungkasnya.(yay/rb/mam/JPG)

Alur Cerita Berita

Cawagub Jabar Ahmad Syaikhu Berduka 22/04/2017, 07:38 WIB
Kang Emil: Kalau Terlena Kita Kalah 22/04/2017, 07:38 WIB
Demokrat Usung Dede Yusuf?  22/04/2017, 07:38 WIB
Nasdem Siap Menangkan Ridwan Kamil  22/04/2017, 07:38 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up