alexametrics

Australia Akan Impor 5 Jenis Buah Tropis dari Jatim

22 Maret 2022, 16:25:26 WIB

JawaPos.com–Provinsi Jawa Timur (Jatim) akan bekerja sama dengan Australia di bidang pertanian dan perdagangan. Rencana itu mulai dibicarakan sejak Senin (21/3) dalam kunjungan Konjen Australia Fiona Hoggart ke Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Fiona ditemui Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Keduanya membahas peluang kerja sama dalam bidang pertanian dan perdagangan.

”Pertemuan ini menindaklanjuti pertemuan sebelumnya. Kami diamanahi ibu gubernur untuk menerima kunjungan dari tim pertanian Kedutaan Besar Australia, kita membahas berbagai macam hal mulai dari peternakan, pertanian, dan perkebunan,” ungkap Emil ketika ditemui pada Selasa (22/3).

Pertemuan dibuka dengan menyampaikan kondisi perekonomian di Jawa Timur. Emil memaparkan perkembangan kondisi industri makanan dan minuman.

”Industri makanan dan minuman di Jawa Timur menyumbang perekonomian Jawa Timur cukup besar dan banyak juga mengandalkan pasokan dari Australia, termasuk peternakan sapi perah kita juga mengandalkan bibit-bibit dari Australia,” papar Emil.

Emil menyebut kerja sama itu sudah berjalan dengan baik. Sebab Indonesia dan Australia memiliki komitmen Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA)

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: