alexametrics

Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter Berat 10 Kg Masuk Kafe

22 Maret 2019, 05:50:21 WIB

JawaPos.com – Temuan ular yang memasuki lingkungan kembali lagi terjadi. Kali ini ular sanca sepanjang 3,5 meter dengan berat sekitar 10 kilogram ditemukan di salah satu kafe di Jalan M Yamin, Samarinda Utara, Kalimantan Timur. Ular tersebut diketahui salah satu karyawan kafe melingkar di ruang tengah musala kafe, Selasa (19/3).

Mendapat informasi tersebut, tim rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda bergegas menuju lokasi. Untuk menangkap hewan melata tersebut, petugas harus ekstra hati-hati karena ular cukup agresif saat akan ditangkap. 

Berkat kesigapan petugas, ular berhasil diamankan dan langsung dibawa menuju Posko 1 Disdamkar Kota di Jalan Mulawarman untuk selanjutnya akan dilepas liarkan ke habitatnya.

Anggota tim rescue, Ichwan Wahyudin mengatakan, ular yang ditangkap terbilang cukup besar. Ia menduga ular tersebut berasal dari semak belukar yang tak jauh dari lokasi kafe. Keberadaan ular diketahui salah satu karyawan saat hendak membersihkan musala sekitar pukul 09.00 Wita.

“”Sejak pagi informasinya ular sudah berada di dalam musala, namun karena tidak berani menangkap sendiri pemilik kafe menghubungi kami,” kata Ichwan dikutip dari Samarinda Pos (Jawa Pos Group), Jumat (22/3).

Meski belum ada laporan bahwa ular pernah memakan hewan ternak warga sebagaimana banyaknya laporan sebelumnya, namun karena dianggap membahayakan itulah, dilakukan tindakan penangkapan.

“Ular jenis hewan yang agresif, jika diganggu akan balik menyerang. Untuk menangkapnya pun butuh ketenangan dan kehati-hatian. Salah bertindak bisa berakibat fatal bagi yang mencoba menangkapnya,” ucap Ichwan.

“Untuk warga yang mengetahui adanya hewan pengganggu salah satunya adalah ular, kami harapkan tidak melakukan tindakan sendiri jika tidak ada keahlian khusus dan segera menghubungi kami,” pinta Ichwan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : jpg

Copy Editor :

Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter Berat 10 Kg Masuk Kafe