alexametrics

Tim Saber Pungli Fokus Kasus Pengangkatan Honorer K2

22 Maret 2019, 19:04:02 WIB

JawaPos.com – Kasus dugaan Pungli pengangkatan guru honorer K2 di Batam menjadi fokus Tim Saber Pungli. Saat ini tim tengah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi yang dilaporkan pada Februari 2019 lalu.

Ketua Tim Saber Pungli Polresta Barelang, AKBP Mudji Supriyadi mengatakan, pihaknya belum bisa langsung bergerak cepat. Sebab, laporan yang masuk tidak disertai dengan bukti yang cukup.

“Memang yang kita dapat baru laporan saja, belum ada bukti makanya kita upayakan dulu. Yang jelas ini jadi atensi kita,” kata Mudji ketika ditemui di Mapolresta Barelang, Jumat (22/3).

Sejauh ini, tim penyidik dari unit Tipikor Satreskrim Polresta Barelang telah melakukan pemeriksaan 20 guru. Tim penyidik juga tengah memeriksa Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, M Sahir, terkait dengan keterlibatannya dalam kasus ini. 

Sampai saat ini, M Sahir telah menjalani pemeriksaan selama tiga hari. Informasi darinya dinilai penting mengingat posisinya yang menangani bagian kepegawaian.

Mudji menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan pemeriksaan untuk melengkapi informasi yang didapat dari laporan para guru. Pihaknya masih akan mengumpulkan bukti-bukti tambahan dari guru-guru yang terlibat dalam kasus ini.

Seperti diketahui, kasus ini bermula dari ketidaksenangan 92 guru honorer K2 Pemerintah Kota (Pemkot) Batam yang tidak diangkat menjadi CPNS. Padahal 391 rekan mereka yang sebelumnya sama-sama lulus dalam tes pada 2013 lalu sudah mendapatkan NIP.

Sementara mereka sampai saat ini belum juga diangkat menjadi PNS.

Para guru ini menyakini adanya indikasi Pungli dalam pengangkatan 391 guru tersebut. Mereka juga menduga adanya permainan hingga akhirnya ke-391 guru tersebut bisa menjadi pegawai.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Bobi Bani

Copy Editor :

Tim Saber Pungli Fokus Kasus Pengangkatan Honorer K2