alexametrics

Pulang dari Malaysia, 155 TKI Ilegal Diamankan

22 Maret 2019, 15:45:33 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 155 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal diamankan di perairan kawasan Tanjung Sengkuang, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Mereka baru saja pulang dari Malaysia dan langsung ditangkap saat turun dari dua speedboat yang mengangkutnya.

Aparat Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Barelang turut mengamankan enam anak buah kapal (ABK) yang kini sudah ditetapkan tersangka. Adalah S, Z, N, A, J, dan J.

“Keenam orang ini mengawal para TKI diduga ilegal dari malaysia. Empat orang di satu kapal, sisanya di kapal yang satunya,” kata Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki dalam ekspos di Mapolresta Barelang, Jumat (22/3).

Tim penyidik masih mendalami siapa di balik pemulangan TKI ilegal melalui jalur tidak resmi tersebut. Polisi sudah memeriksa keenam tersangka dan akan melanjutkan penyelidikan berdasarkan keterangannya.

Adapun kronologi penangkapan bermula dari informasi masyarakat bahwa ada aktivitas tidak biasa di salah satu kawasan di Kecamatan Batu Ampar. Tim langsung menindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan di sekitar lokasi. Tim yang melakukan pengawasan pada Sabtu (16/3) sekitar pukul 22.00 WIB, akhirnya mendapati dan mengamankan 155 TKI beserta enam ABK.

Polisi juga langsung mengamankan dua speedboat. Terkait berapa biaya yang dikeluarkan para TKI untuk bekerja di Negeri Jiran, tim penyidik masih melakukan pendalaman. “Kapal cepat yang digunakan kencang sekali. Bayangkan saja bisa 1.000 PK, berbahaya sekali,” ucap Hengki.

keenam tersangka akan dijerat dengan pasal 120 ayat 1 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 Keimigrasian. Ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara serta denda sebanyak Rp 5 miliar.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Bobi Bani



Close Ads
Pulang dari Malaysia, 155 TKI Ilegal Diamankan