alexametrics
Sandi Klaim Investasi OK OCE Rp 359 Miliar

Pemprov DKI: IUMK Jakarta Masuk OK OCE? Itu yang Harus Dipertanyakan

22 Maret 2019, 12:19:57 WIB

JawaPos.com – Dalam ajang pertarungan di Pemilihan Presiden (Pilpres) pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, kerap membawa program OK OCE untuk menjadi andalannya. Bahkan, Sandiaga menyatakan nilai investasi yang diperoleh Jakarta atas usaha OK OCE mencapai Rp 359 miliar.

Namun, Kepala Seksi Komunikasi dan Informasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta Rinaldi mengklarifikasi pernyataan itu.

Rinaldi membenarkan bahwa saat ini pemprov DKI Jakarta telah menerbitkan 16.734 izin usaha mikro kecil (IUMK). Dari jumlah IUMK yang telah diterbitkan pada tahun 2018 itu memiliki nilai investasi sebesar Rp 359 miliar.

“(Nilai investasi) Rp 359 miliar itu kan data dari IUMK,” ujar Rinaldi saat dikonfirmasi, Jumat (22/3).

Dia pun menyatakan bahwa dari data DPMPTSP, tidak semua pelaku usaha tergabung dengan program One Center of Entrepreneurship (OK OCE) yang digagas mantan wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno.

Dari total 16.734 pelaku usaha yang mengantongi IUMK tercatat hanya 7.295 yang terdaftar sebagai peserta OK OCE. Dengan demikian, nilai investasi Rp 359 miliar tidak sepenuhnya dari peserta OK OCE.

“Kalau misalnya klaim Rp 359 miliar itu OK OCE semua, berarti mengklaim seluruh IUMK yang ada di Jakarta ini masuk ke OK OCE? Itu yang harus dipertanyakan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno menyebut program OK OCE andalannya sudah memberikan banyak kontribusi bagi warga Ibu Kota dengan total investasi mencapai Rp 359 miliar. Data ini berdasarkan kajian ekonomi dan keuangan regional Bank Indonesia.

“Tumbuh total investasi dari program OK OCE berapa tebak? Rp 359 miliar OK OCE sudah menyumbangkan di DKI alhamdulilah,” kata Sandiaga di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Kamis (21/3).

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Reyn Gloria

Copy Editor :

Pemprov DKI: IUMK Jakarta Masuk OK OCE? Itu yang Harus Dipertanyakan