alexametrics

Kasihan! Bayi Terinfeksi HIV Mau Dibuang Ibu Kandungnya Sendiri

22 Maret 2019, 05:05:14 WIB

JawaPos.com – Sungguh malang nasib bayi yang satu ini. Setelah dilahirkan ke dunia, bayi berkulit bersih ini ternyata terinfeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Mirisnya lagi, sang ibu berinisial NY, 23, yang melahirkannya menolak untuk membesarkan bahkan berniat untuk membuangnya. Penderitaan si jabang bayi belum berakhir, ayahnya pun kabur tak diketahui rimbanya.

Usman nama ayahnya. Belakangan diketahui HIV itu menular dari Usman, ke istrinya NY yang tengah mengandung, dan ketika sang bayi dilahirkan dokter menyatakan si buah hati tertular HIV.

“Suaminya itu pergi, pas tahu istri dan anaknya tertular HIV. Padahal HIV-nya itu ya dari suaminya,” beber Ketua Yayasan Rumah Aman Joyoboyo, Maulana dikutip dari Balikpapan Pos (Jawa Pos Group), Jumat (22/3).

Ditemui di yayasannya Jalan RE Martadinata kemarin (20/3), Maulana mengungkapkan, NY hendak membuang bayinya setelah dokter menyatakan anaknya positif HIV.

Virus yang menyerang kekebalan tubuh itu baru diketahui ketika bayinya berusia dua bulan ketika pertumbuhannya tergolong lamban. Begitu mengetahui penyebab lambannya pertumbuhan sang anak karena HIV yang didapat dari NY saat mengandung, ayahnya langsung kabur.

Bayi malang ini merupakan hasil hubungan terlarang ketika NY dan Usman masih belum menikah. Selain itu dipastikan ibu dan bayinya tertular HIV dari sang ayah. Anehnya Usman bukannya bertanggung-jawab tapi malah meninggalkan keduanya.

“NY sampai stres, nggak sanggung nutupi aibnya. Makanya dia berencana mau buang bayinya,” tutur Maulana sembari menyebut NY warga Karang Anyar.

Beruntung, pihak Rumah Aman Joyoboyo setelah berkoordinasi dengan Dinas Sosial berkenan merawatnya dan mencarikan solusi terbaik bagi sang bayi.

Lanjut Maulana menuturkan, menurut pengakuan NY saat masih berpacaran mereka nekat berhubungan intim namun Usman tak pernah memberitahu jika mengidap HIV.

“Cowoknya ini yang nyebarin virus. Udah gitu langsung ditinggal begitu aja. Kasihan si cewek, sudah dari latar belakang orang kurang mampu, ditambah aib kayak gini,” seloroh Maulana.

NY meminta kepada Maulana untuk mencarikan orang yang berminat mengadopsi anaknya. Sebab sang ibu mengaku tak sanggup merawatnya dan tidak tahan dengan aib yang dihadapinya.

“Dia bilang kalau ada yang mau adopsi silakan saja. Tapi ya itu, bayi-nya mengidap HIV,” pungkas Maulana.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : jpg

Copy Editor :

Kasihan! Bayi Terinfeksi HIV Mau Dibuang Ibu Kandungnya Sendiri