alexametrics

Jarak ke Park and Ride Jauh, Anies Siapkan Shuttle ke Stasiun MRT

22 Maret 2019, 07:51:53 WIB

JawaPos.com –  Park and ride menjadi salah satu fasilitas yang ditawarkan pihak MRT Jakarta. Diketahui, PT MRT Jakarta membangun hanya dua park and ride sekitar kawasan stasiun yaitu di Lebak Bulus dan Fatmawati.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, PT Transjakarta akan memberikan fasilitas shuttle bus untuk mengantar penumpang dari park and ride ke Stasiun MRT. Khususnya untuk lokasi park and ride yang lokasinya cukup jauh dari stasiun.

“MRT juga sudah bicara dengan mal yang ada di sekitar Lebak Bulus. Ada yang bersedia dijadikan park and ride, ada yang tidak. Nanti Transjakarta menyiapkan shuttle,” jelas Anies di Stasiun MRT Istora Mandiri, Jakarta Pusat, Kamis (21/3) malam.

Jarak ke Park and Ride Jauh, Anies Siapkan Shuttle ke Stasiun MRT
Kereta Ratangga saat dilakukan uji coba (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Park and ride yang disediakan akan dibukan berbarengan saat operasional MRT. Saat ini, pihaknya masih menggunakan lahan yang ada. Namun ke depan akan dilakukan pembebasan lahan untuk park and ride.

“Park and ride itu kami baru mau mengerjakan sekarang nih, sehingga pembebasan dan lain-lain kan baru dimulai sekarang. Sementara pakai lahan yang ada dulu, kalau jaraknya jauh siapkan Transjakarta untuk mereka,” tambahnya.

Salah satu lokasi yang akan digunakan sebagai park and ride yakni di kawasan Ragunan. Nantinya, dari titik tersebut Transjakarta reguler dapat mengantar penumpang ke stasiun MRT terdekat, yakni Stasiun Fatmawati.

“Nanti di Ragunan saya siapkan park and ride juga, nanti ada shuttle reguler dari dekat Ragunan ke Fatmawati,” katanya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo akan meresmikan MRT Ratangga pada 24 Maret ini walau operasional komersial baru dilakukan 1 April mendatang. Hingga diberlakukan tiket komersial, MRT Jakarta akan berlaku secara gratis.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Copy Editor :

Jarak ke Park and Ride Jauh, Anies Siapkan Shuttle ke Stasiun MRT