alexametrics

Jadi Tersangka Pencabulan, Eks Guru SDN Kauman 3 Akan Ditahan

22 Maret 2019, 16:20:17 WIB

JawaPos.com – Eks guru SDN Kauman 3 Malang berinisial IM lebih dari sepekan menyandang status sebagai tersangka kasus dugaan pencabulan. Selanjutnya, Polres Malang Kota akan menahan sang oknum.

Adapun penahanan berdasarkan hasil pemeriksaan lanjutan yang dilakukan kepada tersangka. Sebelumnya, Polres Malang Kota memang tidak melakukan penahanan terhadap IS. Sebagai pertimbangan, pelaku kooperatif selama proses pemeriksaan.

Kamis (21/3) lalu, penyidik melakukan pemanggilan kepada tersangka. Namun yang bersangkutan mangkir. “Itu panggilan pertama setelah ditetapkan sebagai tersangka. Namun yang bersangkutan tidak hadir karena alasan yang patut,” ujar Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, Jumat (22/3).

Polisi bakal melakukan pemanggilan kedua pada Senin (25/3) mendatang. Dari hasil pemanggilan tersebut, ada kemungkinan IM akan ditahan. “Selesai pemeriksaan akan segera kami rilis,” jelas Asfuri.

Kasat Reskrim Polres Malang Kota AKP Komang Yogi Arya Wiguna menambahkan, pihaknya akan mengawasi tersangka pada panggilan kedua. “Kalau masih tidak hadir dengan alasan tidak patut, kami akan berikan surat panggilan dengan perintah membawa,” tegas Komang.

Selama ini, tersangka memang bersikap kooperatif. Namun jika pada panggilan kedua tersangka masih tidak hadir, penyidik akan mempertimbangkan penahanan.

“Tersangka dikhawatirkan akan menghilangkan barang bukti atau mengulangi lagi perbuatannya. Ada upaya penahanan dan penangkapan yang akan kami lakukan,” ungkapnya.

Seperti diberitakan, guru olahraga di SDN Kauman 3 Malang berinisial IM diduga melakukan pencabulan terhadap sejumlah murid. Wali Kota Malang Sutiaji sempat melakukan sidak ke sekolah tersebut untuk melakukan klarifikasi, Senin (11/2). Bahkan Komisi Perlindungan Anak juga turun tangan dalam kasus ini.

Diduga, terdapat puluhan murid yang menjadi korban pencabulan. Selama kasus ini bergulir, pihak kepolisian telah melakukan pemeriksaan terhadap 20 saksi. Mulai dari Kepala Sekolah, Ketua Komite Sekolah, hingga korban. IM sendiri sudah ditarik ke Dinas Pendidikan Kota Malang.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Fiska Tanjung

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Jadi Tersangka Pencabulan, Eks Guru SDN Kauman 3 Akan Ditahan