alexametrics

Gubernur Riau: ASN Harus Netral Walaupun Ada Hak Pilih

22 Maret 2019, 18:52:34 WIB

JawaPos.com – Pemilihan Umum (Pemilu) tak akan lama lagi. Meski begitu, Gubernur Riau Syamsuar tetap mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap menjaga netralitasnya jelang pesta demokrasi yang akan dilangsungkan pada April nanti.

“Itu menjadi acuan kami. ASN harus netral walaupun ada hak pilih. Sudah ada acuan dari surat edaran. Baik itu dari gubernur, bupati/wali kota hingga kementerian,” kata Syamsuar, Jumat (22/3).

Selain menegaskan ASN harus netral, mantan Bupati Siak 2 periode ini juga mengajak masyarakat untuk tidak Golput (golongan putih). Sebab, satu suara rakyat sangat dibutuhkan untuk menentukan pemimpin di masa depan.

“Harinya (Pemilu) kan pas hari Rabu, bukannya hari libur. Tidak ada alasan masyarakat untuk Golput. Apalagi aparat sudah disiapkan untuk mengamankan di setiap TPS,” sebutnya.

Selain itu, masyarakat diharapkan untuk menjaga kondusifitas selama tahapan Pemilu berlangsung. “Saya pikir ini adalah milik kita bersama agar dapat terpelihara, sehingga ke depannya kita bisa melanjutkan pembangunan lebih maju demi kebutuhan bersama,” imbuhnya.

Menjaga kondusifitas kata Syamsuar, salah satunya dengan cara tidak percaya berita bohong (hoax) bahkan menyebarkannya. Jika terdapat isu miring, maka masyarakat diminta untuk bijak menyaring informasi.

Peran media massa sangat diharapkan dalam hal ini. Karena penyampaian informasi dari media termasuk hal yang penting untuk menjaga keamanan esok. “Kepada media mari sebarkan suasana kondusif jangan sebarkan sesuatu yang dapat memicu konflik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 10.650 personel gabungan dari Polda Riau, TNI dan pemerintah dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu pada April mendatang. Pengamanan dimulai dari kampanye terbuka hingga perhitungan suara nantinya. 

Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo mengatakan, nantinya puluhan ribu personel ini juga turut  mengamankan sekitar 17 ribu Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dengan adanya pengamanan ini, diharapkan masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya tanpa merasa di bawah tekanan.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Virda Elisya

Copy Editor :

Gubernur Riau: ASN Harus Netral Walaupun Ada Hak Pilih