alexametrics

Target Pajak Naik, BP2D Kota Malang Berbenah

22 Februari 2019, 11:27:44 WIB

JawaPos.com – Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang sudah mendapat Pekerjaan Rumah (PR) untuk 2020. Yakni, pendapatan sektor pajak ditargetkan naik Rp 119 miliar.

Tahun ini, target pajak Kota Malang sebesar Rp 501 miliar. Sementara pada 2020 ditagetkan naik menjadi Rp 620 miliar. BP2D Kota Malang sudah melakukan sejumlah upaya untuk mengejar target tersebut sesuai pedoman Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

“Antara lain berupa optimalisasi, regulasi, pembenahan sistem, serta peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM),” ujar Kepala BP2D Kota Malang Ade Herawanto, Jumat (22/2).

Ade menyampaikan, ada beberapa isu strategis yang bakal diperhatikan. Antara lain integrasi sistem perpajakan daerah yang belum terbangun dengan instansi lain baik vertikal maupun horizontal. Kemudian belum optimalnya penagihan atas piutang pajak daerah hingga kesadaran wajib pajak yang masih rendah.

Sekretaris DPRD Kota Malang Mulyono menambahkan, peningkatan target harus dibarengi strategi khusus dari BP2D Kota Malang. “Kalau targetnya naik itu mau mendorong sektor yang mana, datanya harus siap. Misalnya data setiap bulan ada dua warung yang tutup, tapi ada juga yang buka,” tutur Mulyono.

Mulyono menyarankan adanya penerapan birokrasi cerdas. Salah satunya kemampuan beradaptasi terhadap perubahan. “Yang dibangun adalah SDM, inovasi memanfaatkan TIK. Tinggal mampu atau tidak. Jadi kalau birokrasi cerdas, meski ada perubahan-perubahan nomenklatur tidak akan terpengaruh,” pungkasnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Fiska Tanjung

Copy Editor :

Target Pajak Naik, BP2D Kota Malang Berbenah