alexametrics

Selundupkan Narkoba 5,8 Kg,Tujuh Warga Jabar Ditangkap

22 Februari 2019, 20:52:53 WIB

JawaPos.com – Sebanyak tujuh warga Jawa Barat (Jabar) ditangkap Ditnarkoba Polda Sumsel. Lantaran, kedapatan menyelundupkan narkoba seberat 5,8 kilogram jenis sabu, Kamis (21/2).

Ketujuh warga tersebut yakni Rizki, 27; Eka Chandra Hidayatullah, 23; Nova Nuryana, 25; Ribut Haryanto, 49; Asep Erik Mulyana, 30; Diki Pernama, 20; dan Dedek Enjang, 25.

Dirresnarkoba Polda Sumsel, Kombes Pol Farman mengatakan penangkapan ketujuh tersangka ini berawal saat pihaknya mendapatkan laporan bahwa petugas Avsec Bandara SMB II menangkap salah satu pelaku atas nama Eka Chandra yang akan terbang menuju ke Surabaya.

Dalam penangkapan tersebut, pelaku terlihat mencurigakan karena menggunakan celana yang besar, dengan alasan tengah mengalami penyakit ambeien. Pada saat diperiksa ternyata ditemukan gumpakan diselangkangan pelaku ini.

“Ternyata ada bungkusan diselangkangan tersangka ini berisikan sabu yang balut plastic kuning,” katanya saat memberikan keterangan pers di Mapolda Sumsel, Jumat (22/2).

Dari keterangan tersangka, jika sabu tersebut rencananya akan dibawa ke Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Total sabu itu sendiri sebanyak 5,8 kilogram, namun beberapa kilogram sabu dibuang ke tong sampah toilet bandara.

Pihaknya pun kemudian mencari keberadaan sabu dan berhasil menemukan seluruh barang bukti sabu tersebut. Selain itu, Polda Sumsel juga menangkap enam rekan tersangka lainnya yang hendak akan pergi menuju Lampung menggunakan Stasiun Kertapati Palembang.

“Satu tersangka berhasil lolos dalam penangkapan ini, tapi kini sudah ditangkap oleh Polda Sulawesi Tenggara. Tersangka yakni Darman yang membawa 4,1 kilogram sabu,” ujarnya.

Berdasarkan dari hasil pengembangan jika penyelundupan sabu ini telah dilakukan sebanyak lima kali dari Palembang untuk wilayah timur. Modus yang digunakan yakni sama dengan menyelipkan di selakangan mereka.

“Sekarang kami masih mengejar pemilik barang ini karna dibawa dari Palembang,” tutupnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim

Copy Editor :

Selundupkan Narkoba 5,8 Kg,Tujuh Warga Jabar Ditangkap