alexametrics

Polisi Perpanjang Masa Penahanan Vanessa Angel Hingga 40 Hari ke Depan

22 Februari 2019, 14:45:26 WIB

JawaPos.com – Masa penahanan artis Vanessa Angel akan berakhir Sabtu (23/2). Waktu itu terhitung sejak Vanessa dimasukkan ke ruang tahanan Mapolda Jatim.

Namun, polisi menyatakan akan memperpanjang masa penahanan hingga 40 hari ke depan. Alasannya, masih ada berkas perkara yang perlu dilengkapi.

Seperti diketahui, bintang FTV yang terlibat kasus prostitusi online itu ditetapkan tersangka karena dianggap melanggar pasal 27 ayat 1 UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Vanessa dianggap telah menyebarkan foto dan video syur dirinya ke mucikari Endang Suhartini alias Siska dan Tantri.

Setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka, polisi memutuskan untuk menahannya pada 30 Januari 2019. Namun, proses penahanan sempat terunda lantaran yang bersangkutan sakit. Setelah dinyatakan sembuh, Vanessa dipindahkan dari RS Bhayangkara ke ruang tahanan Mapolda Jatim, 4 Februari 2019.

Kabid Humas Polda Jatim menyatakan bahwa pihaknya akan memperpanjang masa penahanan Vanessa Angel. Penyidik sudah mengajukan permohonan ke jaksa. “Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan kelengkapan berkas VA. Baik kekurangan secara formil maupun materiil sesuai petunjuk jaksa,” ujarnya di balai wartawan Bid Humas Polda Jatim, Jumat (22/2).

Barung menambahkan, penyidik terus berkoordinasi dengan jaksa terkait kekurangan berkas. Harapannya, berkas perkara bisa dilimpahkan ke Kejaksaan pekan depan.

Terkait penangguhan penahanan, Barung menyatakan hal itu masih dikaji dan belum bisa dikabulkan. Karena itu, penyidik memutuskan untuk tetap menahan VA. “Terbukti VA hingga saat ini masih berada di Rutan Polda Jatim,” jelas alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1992 tersebut.

Khusus untuk pengguna jasa prostitusi, Barung mengatakan bahwa penyidik berpedoman pada regulasi dan aturan yang ada. Pengguna jasa prostitusi tidak bisa ditindak selama tidak ada regulasi yang mengaturnya. “Kami tidak bisa bertindak tanpa dasar aturan,” pungkas perwira dengan dua melati di pundak itu.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Arif Adi Wijaya

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Polisi Perpanjang Masa Penahanan Vanessa Angel Hingga 40 Hari ke Depan