alexametrics

Cuaca Ekstrem, Jogja Sempat Diterjang Angin Kencang dan Hujan Es

Terdapat 21 Titik Pohon Tumbang
22 Februari 2019, 20:13:23 WIB

JawaPos.com – Cuaca ekstrem dialami wilayah Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Jumat (22/2). Selain angin kencang yang menerjang Kabupaten Sleman bagian utara dan Kulon Progo, Kota Gudeng juga sempat dihujani es.

Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Jogjakarta, Djoko Budiyono mengatakan, aktivitas awan Cumulonimbus (Cb) pada Jumat (22/2) siang menyebabkan hujan es dan juga angin kencang. “Angin kencang yang dihasilkan awan Cb ini bisa lebih dari 25 knot atau 45 kilometer per jam,” katanya, Jumat (22/2).

Saat ini pembentukan awan Cb memang lebih banyak di bagian utara hingga tengah di DIJ. Sehingga potensi hujan lebih banyak di bagian utara atau Sleman dan Kulon Progo utara. “Saat puncak musim hujan dan pancaroba, awan konvektif seperti ini banyak muncul. Jadi masih hal yang wajar. Untuk wisatawan agar berhati-hati terutama di sekitar Merapi, khususnya ketika siang hingga sore hari,” katanya.

Terpisah, Kepala Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Waluyo Jati saat dikonfirmasi mengatakan, hujan es di wilayahnya dialami sekitar pukul 14.00 WIB. “Hanya sebentar, durasinya sekitar 10 sampai 15 menit,” katanya.

Meski tidak ada korban jiwa, namun ada beberapa pohon tumbang. Selain itu juga Gedung Olahraga (GOR) Donokerto yang dijadikan barak pengungsian rusak berat dan tower Internet roboh. “Tidak ada korban jiwa, pendataan masih dilakukan bersama relawan. Tadi warga juga sudah langsung kerja bakti,” ucapnya.

Sementara data dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIJ menyebut adanya cuaca ekstrem itu berdampak di Kecamatan Turi, Tempel, Prambanan, dan Kalasan di Kabupaten Sleman. Terdapat 21 titik pohon tumbang, 1 tower roboh, 1 jaringan listrik rusak, 4 akses jalan terhambat, dan dinding GOR Donokerto, Turi roboh.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Copy Editor :

Cuaca Ekstrem, Jogja Sempat Diterjang Angin Kencang dan Hujan Es