alexametrics
Ingatkan Netralitas ASN

15 Camat Diduga Dukung 01, Nurdin: Slow Aja, Nanti Jadi Takut Semua

22 Februari 2019, 15:56:51 WIB

JawaPos.com – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah angkat bicara menyikapi viralnya video 15 orang camat se-Kota Makassar yang menyatakan dukungan terhadap capres-cawapres nomor urut 01. Menurutnya, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) seharusnya tidak terlibat dalam politik praktis.

Sebagai seorang abdi negara, ASN tidak diperkenankan mendukung atau menyatakan dukungan secara terbuka dan terang-terangan dalam bentuk apa pun.

“Tidak boleh begitu. Harus dipisahkan dukungan pribadi dengan dukungan organisasi. Kalau ASN, bagi saya tidak boleh. Camat itu ASN, jadi itu (video dukungan) sangat tidak boleh,” tegas Nurdin, Jumat (22/2).

Video viral berdurasi 1 menit 27 detik itu menampilkan dengan jelas dukungan terhadap Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Para camat berdiri bersama mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL). Setelah memperkenalkan diri satu per satu, para camat itu berseru bahwa dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf adalah harga mati.

Nurdin menambahkan, tindakan yang dilakukan oleh ASN tersebut bertolak belakang dengan peraturan perundang-undangan. Khususnya dalam pasal 2 huruf f Undang-Undang nomor 15 tahun 2015 tentang ASN bahwa setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus bersikap netral dalam penyelenggaraan pemilu.

“Saya yakin Pak Jokowi itu tipe orang yang tidak memanfaatkan struktur orang di dalam perjuangan beliau. Saya sangat yakin seperti itu. Artinya, slow aja, nanti orang jadi takut semua. Pelan-pelan saja,” tambah Nurdin.

Tindakan yang dilakukan para ASN itu justru bisa jadi bumerang. Khususnya untuk Sulsel yang selama ini menjadi percontohan zona hijau dalam pelaksanaan pemilu.

“Jangan sampai hanya gerakan-gerakan kecil kemudian malah bisa memancing sesuatu. Kita harus menghargai. Tugas gubernur itu menjaga. Boleh kita mendukung, tapi secara pribadi,” tegasnya.

Nurdin mengaku telah berkoordinasi langsung dengan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdan Pomanto terkait persoalan tersebut. Hasil koordinasi itu kemudian akan ditindaklanjut sesuai dengan kewenangan struktural dalam jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Ke depan Nurdin berharap, ASN dapat menjaga sikap netralitasnya sebagai seorang pelaksana tugas negara. Menjadi cerminan kepada masyarakat agar dapat menjaga kekondusifan dalam menyambut pesta demokrasi akbar di Tanah Air.

“Sulsel itu harus kondusif. Saya sih mengimbau supaya menjaga pilpres dan pileg berlangsung damai dan aman. Tentu harapannya, netralitas para ASN harus dijaga,” pungkas mantan bupati Bantaeng tersebut.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Sahrul Ramadan

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
15 Camat Diduga Dukung 01, Nurdin: Slow Aja, Nanti Jadi Takut Semua