JawaPos Radar

Kejari Rohil Serahkan 2 Elang Laut ke BBKSDA Riau

22/02/2018, 10:55 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Elang Laut
Kajari Rohil menyerahkan dua elang laut kepada BBKSDA Riau, Selasa (20/2) lalu. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Rokan Hilir (Rohil) menyerahkan dua ekor elang laut ke Balai Besar Sumber Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Sebelumnya, hewan bernama latin Haliastur Indus itu merupakan koleksi di sangkar burung Kantor Kejari Rohil.

Penyerahan satwa langka dilakukan langsung Kajari Rohil Bima Suprayoga kepada Kepala Bidang KSDA Wilayah II Heru Sutmantoro. Prosesi serah terima berlangsung di Kantor Kejari Rohil, Selasa (20/2) lalu.

"Elang laut diserahkan masyarakat kepada mereka (Kejari). Lalu dijadikan koleksi," kata Kasubbag Humas BBKSDA Riau Dian Indiarti dalam keterangan persnya, Kamis (22/2).

Elang Laut
Elang laut koleksi Kejari Rohil. (Istimewa)

Kejari Rohil memutuskan untuk menyerahkan elang laut ke BBKSDA Riau setelah mengetahui bahwa hewan tersebut merupakan salah satu satwa dilindungi. Hal itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa Liar.

BBKSDA Riau sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas kesadaran Kajari Rohil untuk turut serta dalam upaya konservasi satwa liar dilindungi. "Elang termasuk satwa yang dilindungi dan tidak boleh dipelihara. Kami menghimbau kepada para pejabat publik dan masyarakat yang memiliki satwa liar yang tidak boleh dipelihara, agar dapat melaporkan kepada Balai Besar KSDA Riau," imbau Dian.

Selanjutnya, elang laut tersebut akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan observasi untuk mengetahui tingkat kejinakannya. Langkah tersebut dilakukan sebelum elang laut dilepasliarkan ke habitatnya.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up