JawaPos Radar

Ancaman Ahok Ampuh, 40 KK Warga Kalijodo Pindah ke Rusunawa Marunda

22/02/2016, 06:00 WIB | Editor: Ilham Safutra
Ancaman Ahok Ampuh, 40 KK Warga Kalijodo Pindah ke Rusunawa Marunda
Ilustrasi (dok. Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Upaya Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama ingin mengosongkan kawasan Kalijodo, Jakarta Utara yang akan dijadikan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) tercapai juga.

Buktinya sebanyak 40 kepala keluarga (KK) yang tinggal di Kalijodo, tepatnya lingkungan RW 05 Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara telah berpindah ke rumah susun (rusun).

Warga terpaksa direlokasi dan mengambil rusun yang dijanjikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, karena khawatir tidak memiliki tempat tinggal, bila kawasan hitam itu benar benar digusur. Sejak Mingu (21/2) sebanyak 40 KK mulai menempati Rusunawa Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Bahkan proses penempatan rumah baru itu difasilitasi oleh Pemkot Jakarta Utara dengan mengantarkan ke rusunawa menggunakan bus sekolah yang berjumlah empat unit bus.

Wali Kota Jakarta Utara, Rustam Effendi mengatakan sebetulnya yang berangkat ke Rusunawa Marunda ada 80 KK. Semuanya merupakan warga RW 05, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan. ”Puluhan warga itu sebelumnya telah mendaftar untuk menempati rusunawa. Adapun warga yang berhak menempati rusunawa adalah mereka yang memiliki KTP DKI,” ujar Rustam yang dilansir dari Indopos (Jawa Pos Group), Senin (22/2).

Dia menyebutkan Pemkot Jakarta Utara ikut membantu memindahkan barang-barang warga yang pada hari Minggu (21/2) menggunakan beberapa truk Satpol PP. Nantinya ke-40 KK yang direlokasi ke Rusunawa Marunda itu akan ditempatkan di Blok A 11.

Rustam menyebutkan, hingga saat ini sudah terdapat 180 KK yang mendaftar untuk di relokasi ke Rusunawa Marunda. Namun warga digusur di Kalijodo tidak semuanya yang akan mendapatkan rusunawa. Sebab Pemprov DKI Jakarta hanya mengutamakan warga ber-KTP DKI Jakarta.

Kepala Satpol PP Jakarta Utara, Choiruddin menambahkan, dalam proses perpindahan warga, pihaknya mengerahkan enam mobil Satpol PP untuk membantu relokasi warga ke Rusunawa Marunda. (dai/iil/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up