Laka Maut Truk di Balikpapan, Sopir Langgar Aturan Melintas Jalan Kota

22 Januari 2022, 13:15:44 WIB

JawaPos.com – Kecelakaan truk kontainer yang menyeruduk sejumlah pengendara di turunan Simpang Rapak, Jalan Soekarno Hatta, pada Jumat (21/1) pagi terus didalami polisi. Truk yang diketahui mengalami rem blong itu menabrak belasan kendaraan dan menyebabkan empat orang korban tewas dan 30 orang luka berat hingga ringan akibat peristiwa nahas ini.

Polisi melaporkan truk kontainer yang dikendarai oleh sopir bernama M Ali (47) mengalami rem blong. Sopir M Ali yang langsung diamankan sesaat setelah kejadian ditetapkan menjadi tersangka.

Selain karena rem blong, truk yang dikemudikan M Ali tersebut juga diketahui melanggar aturan melintas jalan Kota. Aturan tersebut dibuat Wali Kota Balikpapan yang melarang jalan tersebut dilewati oleh kendaraan berat dari jam 06.00 (WITA) sampai jam 21.00 (WITA).

“Ya, jadi memang ada peraturan Wali Kota balikpapan di sana bahwasanya angkutan alat berat itu tidak boleh lewat situ setiap hari dari jam 06.00 sampai 21.00,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo saat dikonfirmasi.

Yusuf menambahkan, kejadian ini murni pelanggaran yang dilakukan pengemudi truk. Menurutnya, supir truk ingin cepat sampai di tempat tujuan. Alih-alih memutar rute, truk nahas tersebut justru masuk ke rute dalam Kota yang melarang kendaraan melintas pada jam tersebut.

“Dia ingin cepat sampai di tempat tujuan, dia harusnya memutar. Dia tidak boleh lewat situ. Itu kan dia memulai perjalanan dari Pulogalang jam 06.00 menuju kampung baru Balikpapan, mungkin kesiangan jadi lewat situ. Harusnya berputar,” terang Yusuf.

Sopir truk kini sudah diamankan dan langsung ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan.

“Kita gunakan pasal 310 UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan. Kita juncto kan juga dengan pasal 359 terkait tentang kelalain yang menyebabkan orang meninggal dunia ancaman lima dan enam tahun,” tandas Yusuf.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads