alexametrics

8 Pasien Covid-19 di Semarang Punya Riwayat Perjalanan dari Jakarta

22 Januari 2022, 05:09:22 WIB

JawaPos.com–Dinas Kesehatan Kota Semarang menyatakan delapan pasien positif Covid-19 yang saat ini dirawat di tempat isolasi terpusat (isoter) di Ibu Kota Jawa Tengah itu memiliki riwayat perjalanan dari DKI Jakarta.

”Delapan pasien yang saat ini dirawat di isoter, semuanya memiliki riwayat berpergian dari Jakarta,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam seperti dilansir dari Antara di Semarang, Jumat (21/1).

Hakam mengimbau pengurus RT dan RW untuk kembali melakukan pendataan warga yang baru saja berpergian dari luar negeri maupun dari luar kota khususnya Jakarta. Hal tersebut diminta dilakukan setelah ada konfirmasi tentang pasien Covid-19 varian Omicron.

Berdasar data laman https://siagacorona.semarangkota.go.id hingga pukul 21.00 WIB tercatat 12 pasien positif Covid-19 yang dirawat diberbagai fasilitas kesehatan. Dari jumlah tersebut, 4 pasien di antaranya berasal dari luar Kota Semarang. Adapun untuk pasien yang terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron di Kota Semarang terdapat 4 warga dan 2 dari luar kota.

Sebanyak empat pasien Covid-19 yang terkonfirmasi varian Omicron yang sempat menjalani perawatan di Kota Semarang, Jawa Tengah, sudah dinyatakan sembuh. ”Berdasar 25 sampel Whole Genome Sequencing (WGS) yang diperiksa, empat orang terkonfirmasi Omicron, sisanya varian Delta,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam.

Empat kasus tersebut, kata dia, berasal dari satu orang yang sebelumnya memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri. Pasien tersebut sudah menjalani karantina selama sepekan di RS Wisma Atlet Jakarta. Hasil tes usap PCR terhadap yang bersangkutan usai karantina, dinyatakan negatif Covid-19.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads