alexametrics

Kasus Jalan Raya Gubeng Ambles, Polisi Beri Sinyal Tersangka Bertambah

22 Januari 2019, 19:08:18 WIB

JawaPos.com– Polda Jatim memberi sinyal jika tersangka amblesnya Jalan Raya Gubeng, Surabaya bakal bertambah. Ada tiga orang yang kemungkinan besar ditetapkan sebagai tersangka. Mereka berasal dari PT Nusantara Konstruksi Engineering (NKE) dan PT Saputra Karya.

Ketiga orang itu berinisial RH, AR, dan L. Sebelumnya, mereka merupakan tiga dari 40 orang saksi yang diperiksa polisi. Mereka bertindak sebagai pelaksana proyek pembangunan basement. Namun, polisi tidak menjelaskan apakah ketiganya memiliki keterkaitan dengan F yang lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, setelah penetapan ketiganya nanti, penyidikan tetap akan berlanjut. Sebab, ada sejumlah oknum lain dari 16 perusahaan yang terlibat dalam pembangunan proyek itu.

“Besok (Rabu) akan kami jelaskan. Yang jelas, kami sudah punya cukup bukti kuat untuk menaikkan status mereka menjadi tersangka,” kata Luki di lokasi, Selasa (22/1).

Beberapa bukti tersebut antara lain proses perencanaan pembangunan pada 2012 lalu, tahap pengerjaan pada 2013 , hingga Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sempat terbit dua kali. IMB pertama dan kedua terbit dengan spesifikasi bangunan yang berbeda. Pada IMB pertama, spesifikasi proyek tercatat akan memiliki 2 lantai basement dan 20 lantai ke atas.

“2017 IMB-nya keluar lagi, 11 lantai ke bawah dan 26 lantai ke atas. Namun saat pelaksanaan, spesifikasi bangunannya, berbeda,” tambah Luki.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Aryo Mahendro

Kasus Jalan Raya Gubeng Ambles, Polisi Beri Sinyal Tersangka Bertambah