alexametrics
Tablig Akbar PA 212 di Solo

Diperiksa 3 Jam, Slamet Ma’arif Yakin Tidak Lakukan Kampanye

22 Januari 2019, 16:22:02 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum (Ketum) Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Ma’arif meyakini dirinya tidak melakukan pelanggaran saat Tablig Akbar PA 212 yang diadakan di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (13/1) lalu. Pasalnya selama mengikuti Tablig Akbar dirinya tidak melakukan kegiatan yang masuk dalam unsur kampanye sebagaimana yang dijelaskan dalam UU Nomor 7 tahun 2017 ayat (1) tentang kampanye. 

“Tadi dijelaskan mengenai kampanye itu sendiri seperti apa. Dan Bawaslu telah menjelaskan sesuai dengan UU tentang Kampanye, dan setelah saya mendengarkan kesimpulannya tidak ada unsur kampanye dalam Tablig Akbar,” terang Slamet Ma’arif kepada JawaPos.com usai menjalani pemeriksaan selama 3 jam di kantor Bawaslu Solo, Selasa (22/1). 

Unsur kampanye yang dimaksud dalam Undang-Undang tersebut, Slamet menjelaskan, bahwa dirinya bukanlah peserta pemilu. Kemudian tidak menyampaikan visi dan misi (calon), tidak menyampaikan citra diri (calon), tidak menyebutkan nama, nomor urut, kertas suara, program kerja, Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan sebagainya.

“Jadi apa yang saya sampaikan tidak memenuhi unsur kampanye,” terangnya. Meski begitu, pihaknya tetap akan kooperatif menjalani pemeriksaan dugaan pelanggaran tersebut. Bahkan jika nantinya, Bawaslu kembali akan memanggil dirinya, dirinya pun siap untuk datang. 

“Kelihatannya menurut kami tidak perlu (datang lagi), tapi itu kan haknya Bawaslu, mudah-mudahan ini sudah selesai,” ucapnya.

Sementara itu, Komisioner Bidang Penindakkan Pelanggaran Bawaslu Solo, Poppy Kusuma mengungkapkan, usai memeriksa Slamet Ma’arif pihaknya akan melakukan pembahasan bersama Gakkumdu. Mengenai hasilnya, Poppy belum bisa mengatakannya. “Harus melalui kajian dan melibatkan ahli,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo

Diperiksa 3 Jam, Slamet Ma'arif Yakin Tidak Lakukan Kampanye