alexametrics

3 Pesawat Gagal Mendarat di Makassar

22 Januari 2019, 12:28:40 WIB

JawaPos.com – Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Makassar dan sekitarnya. Kondisi itu berdampak terhadap penerbangan. Setidaknya ada 3 pesawat yang gagal mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin (Sulhas), Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pesawat-pesawat itu memutuskan untuk mengubah haluan dan mencari bandara terdekat untuk mendarat.

General Manager Airnav Indonesia Cabang Utama Makassar Novy Pantaryanto mengatakan, ada dua pesawat dari Ambon yang gagal mendarat di Makassar. Kemudian satu pesawat lagi dari Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) tujuan Makassar.

“Kondisi cuaca hujan deras tambah angin kencang membuat pesawat tidak bisa mendarat. Pilot memutuskan untuk menuju ke bandara alternatif,” kata Novy Pantaryanto dalam keterangan resminya, Selasa (22/1).

Satu pesawat dengan nomor penerbangan GIA641 dari Ambon terpaksa mendarat di Bandara Balikpapan pukul 09.00 waktu setempat. Menyusul pesawat dengan nomor penerbangan JT791 yang memutuskan untuk mendarat di Bandara Balikpapan pukul 10.00 waktu setempat.

Berikutnya, pesawat dengan nomor penerbangan JT781 dari Palu juga memilih mendarat di Bandara Balikpapan. Hingga kini, ketiga pesawat masih menunggu keadaan cuaca betul-betul membaik sebelum terbang kembali ke Makassar.

Novy menyebutkan, jarak pandang menjadi penyebab utama pilot memutuskan untuk mendarat di luar Makassar. “Cuaca hujan dan disertai angin kencang, juga dengan jarak pandang yang berada di bawah minimal 800 meter, berdampak ke pesawat,” ungkapnya.

Cuaca buruk berlangsung sejak Senin (21/1) malam. Hujan lebat disertai angin kencang mengguyur Kota Makassar dan bertahan hingga siang. Belum terdapat laporan kerusakan dari dampak dari cuaca ekstrem tersebut.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Sahrul Ramadan

3 Pesawat Gagal Mendarat di Makassar