alexametrics
Siap Ganti Pasir yang Sudah Ditalangi Pemkot

Tanggung Jawab Perbaikan Jalan Raya Gubeng, PT NKE Siapkan Rp 10 M

21 Desember 2018, 18:45:50 WIB

JawaPos.com- PT Nusantara Konstruksi Engineering (NKE) menghadiri undangan hearing DPRD Kota Surabaya, Jumat (21/12). Pada hearing tersebut, PT NKE setuju membayar ganti rugi akibat sinkhole di Jalan Raya Gubeng.

Untuk material rehabilitasi jalan, NKE menyediakan lebih dari 4.000 kubik pasir dan batu. Material itu dibeli dari pegunungan Ngoro.

Mereka juga akan menyediakan 4 unit buldoser, 4 ekskavator, dan 120 dump truk. Selain itu, mereka juga menyiapakan ganti rugi fresh money senilai Rp 10 miliar.

PT NKE Siapkan Rp 10 Miliar untuk Perbaikan Jalan Raya Gubeng Sinkhole
Kepala Departemen Operasi PT NKE Hendri Noor saat menghadiri hearing di kantor DPRD Surabaya, Jumat (21/12). (Aryo Mahendro/ JawaPos.com)

Kepala Departemen Operasi PT NKE Hendri Noor mengatakan, nominal tersebut hanya awalan saja. Dia beralasan masih banyak daftar pekerjaan yang membutuhkan dana untuk membeli material dan alat berat.

“Nanti, kalau berkembang akan kami tambah lagi. Kami belum tahu mau diapakan,” kata Hendri di gedung DPRD Kota Surabaya, Jumat (21/12).

Dana Rp 10 miliar itu tidak akan dipakai untuk memperbaiki seluruh area yang ambles. Melainkan untuk perbaikan badan jalannya saja. Namun, pengerjaannya sendiri belum terlaksana.

“Kemarin (Kamis) kami (sediakan) sekitar 1.400 kubik material. Targetnya per hari ini, 9 ribu hingga 10 ribu kubik,” tambah Hendri.

Material pasir dan batu itu akan terus dikirim ke lokasi sinkhole setiap hari. Selanjutnya, material dipakai oleh Pemkot Surabaya untuk memperbaiki sinkhole. Artinya, proses rehabilitasi jalan tetap di bawah pengawasan pemkot sepenuhnya.

PT NKE tidak bisa terlibat langsung dalam perbaikan jalan lantaran mereka masih menunggu penyidikan dari kepolisian, terkait hasil dari laboratorium forensik. Kendati demikian, PT NKE tidak akan lepas tanggung jawab. Bahkan mereka siap untuk mengganti semua material yang sudah ditalangi pemkot sebelumnya.

Hendri menargetkan, untuk perbaikan badan jalan saja diperkirakan akan memakan waktu 10 hari. Pengerjaan itu dihitung sejak Rabu lalu (19/12). Perlu proses settlement saat pengerjaan perbaikan jalan itu. 

“Jadi baru pemkot yang boleh masuk (ke lokasi sinkhole). Nanti kami akan bicara dengan pemkot. Kalau mau hitung-hitungan, akan kami bayar,” tegasnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Tanggung Jawab Perbaikan Jalan Raya Gubeng, PT NKE Siapkan Rp 10 M