alexametrics

Soal Perizinan Proyek di Raya Gubeng, PT NKE: Itu Urusan Owner

21 Desember 2018, 21:22:03 WIB

JawaPos.com- Polisi masih mengusut kasus amblesnya Jalan Raya Gubeng. Sejauh ini, mereka sudah memeriksa 35 saksi dan dua ahli sejak Selasa lalu (18/12). Atas penyelidikan tersebut, PT Nusantara Konstruksi Engineering (NKE) menyatakan dukungannya.

NKE berjanji akan menyediakan semua kebutuhan penyidikan, jika memang diperlukan. Termasuk data-data terkait proses pengerjaan proyek bangunan yang rencananya akan dibangun mal setinggi 26 lantai tersebut.

Kepala Departemen Operasi PT NKE Hendri Noor mengatakan, akan tetap mengupayakan ganti rugi berupa recovery jalan ambles tersebut. Sementara itu, pihaknya akan terus menunggu hasil final atas penyidikan polisi.

“Sampai sekarang belum ditetapkan siapa yang salah. Tapi kalau memang aturan hukumnya begitu, ya kami siap saja,” kata Hendri di gedung DPRD Kota Surabaya, Jumat (21/12).

Ditanya soal NKE yang dituding mengambil jalan pintas saat mengurus perizinan, Hendri mengatakan bahwa PT Saputra Karya sebagai owner yang berurusan langsung. Dia menegaskan, bahwa pihaknya hanya sebagai eksekutor lapangan.

“Kami nggak pernah urus perizinan ya. Perizinan itu urusan owner,” katanya.

Hendri tidak menyatakan secara jelas jika ada salah seorang dari NKE yang akan dijadikan tersangka pada kasus jalan ambles itu. Dia berkilah jika ranah pidana hanya dapat terpenuhi jika ada korban jiwa.

“Pidana itu kan kalau ada yang meninggal dunia ya. Sementara, ini (insiden jalan ambles) tidak ada yang meninggal. Kami sudah melaksanakan sesuai prosedur, semuanya sudah di tes, kami sudah pakai izin,” terang Hendri.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Soal Perizinan Proyek di Raya Gubeng, PT NKE: Itu Urusan Owner