alexametrics

RS Siloam dan NKE Digugat Rp 300 Miliar

21 Desember 2018, 13:11:28 WIB

JawaPos.com – Amblesnya Jalan Raya Gubeng, Surabaya, menuai reaksi keras dari masyarakat. Rumah Sakit (RS) Siloam dan PT Nusantara Konstruksi Engineering (NKE) disebut sebagai pihak yang paling bertanggung jawab. Warga pun menggugat kedua pihak tersebut ke pengadilan.

Kuasa Hukum Warga Menggugat Muhammad Sholeh dan 20 orang mendaftarkan gugatan class action di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Mereka mengaku mewakili 1 juta warga Surabaya.

Warga menuntut ganti rugi sebesar Rp 300 miliar. Rinciannya, ganti rugi sebesar Rp 10 juta untuk 1 juta warga. Kemudian dikalikan 30 hari kemungkinan proses penyelesaian perbaikankan jalan. Jadi totalnya sebesar Rp 300 miliar.

Sholeh mengatakan, kerugian warga mencakup beberapa hal. Antara lain halangan terhadap akses Jalan Raya Gubeng dan kemacetan lalu lintas di sekitar lokasi amblesnya Jalan Raya Gubeng.

“Warga tidak dapat berkunjung ke toko tas Elizabeth dan BNI juga ditutup. Makanya kami menggugat mewakili 1 juta warga,” kata Sholeh di PN Surabaya, Jumat (21/12).

Sholeh mengakui jika nominal tersebut cukup besar untuk insiden yang bersifat lokal. Dia berpendapat, pihak RS Siloam dan kontraktor proyek harus bertindak lebih dari sekadar minta maaf dan melakukan perbaikan jalan.

Meski demikian, Sholeh dan para warga yang menggugat menyatakan tidak akan menerima uang ganti rugi jika PN Surabaya mengabulkan gugatannya. Semua uang akan disumbangkan kepada warga tak mampu. “Kami hanya ingin ada efek jera bagi pelaku (kontraktor dan RS Siloam),” tegas Sholeh.

Selain mendaftarkan gugatan senilai Rp 300 miliar, Sholeh dan warga mengkritik kepolisian. Sebab tidak ada satupun dari pihak kontraktor maupun RS Siloam yang telah dijadikan tersangka.

Meski Sholeh tahu jika Undang-undang Jasa konstruksi tidak memuat pasal pidana apapun jika terjadi sesuatu pada proses konstruksinya. Tapi menurutnya, polisi seharusnya dapat menjerat kontraktor dan RS Siloam dengan undang-undang Lalu Lintas.

“Untuk itu, kami berharap warga sekitar lokasi amblesnya Jalan Raya Gubeng, pihak Bank BNI, dan Elizabeth, juga melayangkan gugatannya. Karena secara materiil mereka dirugikan,” ucap Sholeh.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
RS Siloam dan NKE Digugat Rp 300 Miliar