alexametrics

Overpass Manahan Dibuka, PKL Jalan Dr Moewardi Dipindah

21 Desember 2018, 18:56:34 WIB

JawaPos.com – Pemkot Solo akan melakukan relokasi terhadap para pedagang kaki lima (PKL) yang ada di trotoar jalan dr Moewardi, Kottabarat menyusul beroperasinya overpass Manahan. Selain PKL, parkir on the street di jalur tersebut juga akan dipindahkan. Kebijakan ini ditujukan untuk memperluas ruang bagi kendaraan yang melintas di jalan dr Moewardi. 

“Berdasarkan hasil koordinasi dengan berbagai pihak terkait, PKL akan dipindahkan ke Jalan Yosodipuro. Kemudian untuk parkir akan dipusatkan di sisi barat, dan sisi timur steril dari aktivitas parkir,” terang Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Hari Prihatno kepada JawaPos.com, Jumat (21/12).

Pemindahan sudah mulai dilakukan hari ini seiring dengan beroperasinya overpass Manahan. Sebagai pertimbangan pemindahan lokasi parkir, Hari menjelaskan, bahwa berdasarkan evaluasi terlihat bahwa volume kendaraan dari arah selatan ke utara lebih kecil dibandingkan dari arah sebaliknya.

Dengan pemindahan ini diharapkan, lalu lintas kendaraan dari arah utara atau dari overpass bisa lancar dan tidak terjadi penumpukan. “Volume kendaraan dari selatan ke utara lebih sedikit, jadi kalau parkir dipindah ke sisi barat lebih memungkinkan,” ucapnya.

Terpisah, Kabid PKL Dinas Perdagangan (Disdag), Didik Anggono mengatakan, dari pendataan yang sudah dilakukan di jalan dr Moewardi sedikitnya ada 40 PKL. Mereka akan menempati beberapa lokasi. Seperti di jalan dr Moewardi sisi barat.

“Untuk penataan akan mulai dilakukan awal tahun mendatang, ada anggaran sebesar Rp 1,1 miliar. Pengerjaannya lebih kurang 60 hari,” katanya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Overpass Manahan Dibuka, PKL Jalan Dr Moewardi Dipindah