alexametrics

16 Ribu Pasukan Siaga, Polda Jateng Gandeng Ormas Islam Amankan Nataru

21 Desember 2018, 14:19:53 WIB

JawaPos.com – Polda Jawa Tengah mengerahkan 16 ribu pasukan untuk mengamankan momen Natal dan Tahun Baru 2019. Ada sejumlah fokus yang akan menjadi perhatian personel saat terjun di lapangan nanti.

“Jumlah personel ada 16 ribu lebih seluruhnya. Kemudian ada penambahan kekuatan dari TNI 2 ribu personel lebih,” jelas Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono selepas apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2018 di Lapangan Simpang Lima Semarang, Jumat (21/12).

Selain itu, ada pula jajaran pengamanan dari Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Serta melibatkan sejumlah ormas Islam seperti Banser dan Kokam Muhammadiyah. Kedua ormas itu akan bahu-membahu dengan Polri dan TNI untuk mengamankan gereja-gereja yang melaksanakan ibadah Natal.

“Itu semua ormas, Banser, Kokam, dan ormas-ormas kepemudaan juga terlibat pengamanan. Alhamdulillah kebersamaan antara pemuda-pemuda nasrani dan pemuda-pemuda muslim juga terus bersinergi bersama-sama mengamankan. Itu adalah salah satu wujud toleransi antarumat beragama,” tandasnya.

Condro menambahkan, selain tempat-tempat ibadah, obyek wisata beserta aksesnya turut menjadi fokus pengamanan. Mengingat nataru kali ini juga berbarengan dengan musim libur sekolah.

“Sehingga kesempatan berkumpul keluarga di obyek wisata kami amankan. Supaya obyek wisata tidak terjadi kecelakaan atau kejahatan,” lanjut jenderal bintang dua tersebut.

Jalan tol yang berada di wilayah Jateng tentu juga tak luput. “Tol di wilayah Jawa Tengah dari Brebes hingga Sragen akan kami kendalikan dari Polda,” tandas mantan Kakorlantas Mabes Polri tersebut.

Sementara, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang turut hadir dalam apel itu, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berlebihan dalam merayakan Natal dan Tahun Baru nanti. Mereka diminta untuk tidak menyalakan petasan, karena membahayakan.

“Semua harus disiapkan. Kami ingin selama libur panjang, mereka yang merayakan Natal dan Tahun Baru di Jawa Tengah dapat senang, aman dan nyaman,” urai Ganjar.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (gul/JPC)



Close Ads
16 Ribu Pasukan Siaga, Polda Jateng Gandeng Ormas Islam Amankan Nataru