alexametrics

Rudy: Semua Biaya Rumah Sakit Korban Keracunan Ditanggung Pemerintah

21 Desember 2017, 13:51:33 WIB

JawaPos.com – Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo memastikan bahwa semua biaya korban keracunan makanan tambahan Posyandu di Cinderejo Kidul, Gilingan ditanggung oleh pemerintah.

Dan guna mengantisipasi hal serupa, dirinya juga sudah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan Kota (DKK) untuk memberikan pengarahan kepada seluruh Posyandu terkait penyajian makanan Posyandu.

“Jadi semua biaya rumah sakit pemerintah yang akan menanggungnya,” tegas Rudy saat ditemui JawaPos.com di Kompleks Stadion Manahan Solo, Kamis (21/12).

Lebih lanjut Rudy menyampaikan untuk mengantisipasi terulangnya kejadian ini, maka proses penyajian Pemberian Makanan Tambahan tersebut harus diubah.

“Tidak boleh sajian makanan Posyandu itu dipanasi atau dihangatkan, baik itu hidangan untuk Posyandu Lansia maupun Posyandu Balita. Jadi kalau akan dihidangkan pukul 09.00 WIB ya memasaknya harus pukul 07.00 WIB,” terangnya. 

Kemudian, Rudy melanjutkan, jika hidangan tersebut akan dihidangkan pukul 15.00 WIB, maka memasaknya harus dilakukan mulai pukul 13.00 WIB. Dengan cara penyajian seperti ini diharapkan hidangan yang ditujukan sebagai makanan tambahan tersebut masih segar, sehingga tidak perlu dihangatkan kembali.

Selain itu, pihaknya juga melarang setiap Posyandu menyajikan makanan menggunakan plastik. Karena tidak menutup kemungkinan kantong plastik yang digunakan tidak steril sehingga bisa memengaruhi hidangan yang disajikan. “Tidak perlu pakai plastik, sebagai gantinya bisa menggunakan piring atau mangkuk langsung,” ucapnya. 

Rudy menambahkan, penggunaan piring dan mangkuk ini pun tidak boleh ditutup dengan plastik. Tujuannya agar uap hidangan bisa keluar dan tidak mengembun di dalam wadah. Sehingga bisa berisiko menjadi racun.

Lebih lanjut, Rudy juga meminta kejadian keracunan ini tidak serta membuat warga lainnya takut untuk menimbangkan anaknya. Karena pihaknya sudah melakukan pendampingan guna memastikan kehigienisan setiap hidangan.

Editor : admin

Reporter : (apl/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads
Rudy: Semua Biaya Rumah Sakit Korban Keracunan Ditanggung Pemerintah