JawaPos Radar

Manusia Pohon di Karanganyar Akhirnya Bersedia Direlokasi

21/12/2017, 07:50 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Manusia Pohon
PINDAH: Sejumlah anggota Kodim 0727/Karanganyar tengah membantu proses pemindahan Budianto sekeluarga, Rabu (20/12). (dok. Kodim 0727/Karanganyar)
Share this

JawaPos.com - Budianto, 34, warga Plesungan yang selama ini tinggal di hutan akhirnya mau direlokasi. Untuk sementara ini, Budianto beserta keluarga akan menempati rumah kantor (Rukan) Babinsa di Desa Tuban, Gondangrejo, Karanganyar. Hal ini dilakukan karena rumah yang disiapkan untuk Budianto belum selesai dibangun.

Proses pemindahan Budianto dan keluarga ini dilakukan oleh Babinsa Desa Plesungan dan Kodim 0727/Karanganyar.

Awalnya proses pemindahan tidak berlangsung mudah. Karena Budianto selalu menolak untuk meninggalkan rumah pohon yang selama ini ditempatinya. Tetapi berkat kegigihan salah satu anggota Babinsa yakni Pelda Kristiawan akhirnya hati Budianto luluh dan bersedia pindah dari rumah yang sudah setahun ditinggalinya.

Proses pendekatan terhadap Budianto ini juga dilakukan oleh Komandan Kodim 0727/Karanganyar, Letkol Inf M. I. Muchtar. "Dan akhirnya Bapak Budianto bersedia dipindahkan ke tempat yang lebih baik," terang Muchtar, Rabu (20 /12) .

Pemindahan ini dilakukan Rabu (20/12). Sejumlah prajurit dari Kodim 0727/Karanganyar turut membantu untuk memindahkan barang-barang milik Budianto.

Selain dari Kodim, proses pemindahan turut didampingi dari anggota Korem 074/Warastratama. "Pemindahan ini tidak lain sebagai upaya untuk memberikan kesejahteraan kepada Bapak Budianto sekeluarga. Dengan adanya tempat tinggal baru, semoga Budianto tidak lagi berpikiran untuk tinggal di tengah hutan," ucapnya. 

Selain memberikan tempat tinggal, Muchtar juga menjanjikan untuk membantu pembiayaan sekolah kedua anak Budianto yakni Kharisma Ayu Soraya, 10, dan Redi Geby Hidayah, 9.

Sebelumnya, Bupati Karanganyar Juliyatmono akan mengupayakan pekerjaan yang lebih layak untuk Budianto. Selain itu, Yuli juga akan membantu agar kedua anak Budianto ini agar bisa kembali bersekolah. Sebab lebih kurang setahun terakhir kedua anak Budianto ini tidak sekolah.

(apl/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up