alexametrics

Santri Dapat Kuasai Medsos dengan Tingkatkan Literasi Digital

21 November 2020, 20:14:42 WIB

JawaPos.com – Perkembangan dunia digital membuat para santri harus ikut berpacu dan meningkatkan literasinya. Supaya, para santri tidak menjadi korban dari pesatnya perkembangan teknologi digital.

Ketua Yayasan MataAir Abdurrahman Shaleh Fauzi menuturkan, pandemi memaksa publik untuk masuk dalam dunia digital lebih dalam. Ini menjadi satu-satunya cara berkomunikasi sehari-hari agar tetap produktif dan tidak ketingggalan informasi.

Menurut pria yang biasa disapa Fauz itu, pelajar jangan sampai gagap dengan dunia digital. Fenomena yang terjadi, banyak pelajar dan santri yang telah memanfaatkan media sosial (medsos), namun tidak sedikit pula yang menjadi korban dari medsos. Alasannya, mereka belum menguasai pemahaman literasi digital dengan baik.

“Kita harus bisa mengelola media sosial dengan sebaik mungkin dengan menghindari nilai dan dampak negatif yang timbul dari penggunaan media sosial,” ujar Fauz kepada JawaPos.com, Sabtu (21/11).

Sebelumnya Yayasan MataAir menggelar Halaqah Santri Digital bersama Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Kudus pada Jumat (20/11).

Dari halaqah itu Fauz berharap lahirnya talenta muda kreatif yang mampu menjadi kreator konten digital, dengan menggunakan berbagai platform medsos sebagai sarana melakukan kreatifitas digital.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang IPNU Kudus Muhammad Chasan Fauzi mengatakan, sudah saatnya pelajar dan santri memahami dan memanfaatkan literasi digital agar mampu menguasai ruang publik di era revolusi industri.

“Halaqah Santri Digital ini ialah ikhtiar MataAir Foundation bersama Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Kudus agar pelajar dan santri dapat menjadi kreator digital yang terdidik dan terlatih di generasi ini,” harap Fauzi.

Fauzi menganggap halaqah santri merupakan solusi yang strategis dan berdampak positif untuk mengurangi kejenuhan pelajar dan santri yang terpaksa melakukan aktivitas kegiatan belajar mengajar dari rumah selama ini.

Kegiatan ini memberikan solusi yang produktif serta dampak yang positif bagi penguatan literasi digital pelajar dan santri kedepan.” tutup Fauzi.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra



Close Ads