JawaPos Radar | Iklan Jitu

Sisa APBD Capai Rp 12,1 Triliun, Uchok Sky: DKI Masuk Zaman Kekacauan

21 November 2018, 14:10:59 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Sisa APBD Capai Rp 12,1 Triliun, Uchok Sky: DKI Masuk Zaman Kekacauan
()
Share this

JawaPos.com - Hasil rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta prediksi Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) dari APBD 2018 mencapai Rp 12,1 triliun. Angka ini diketahui lebih kecil dibandingkan APBD 2017 yang menyisakaan Silpa sebesar Rp 13 triliun.

Direktur Centre For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menyatakan, Pemprov DKI Jakarta tidak boleh berpuas diri. Pasalnya, angka tersebut dinilai masih sangat besar dan selisih dengan tahun lalu sangat kecil.

"Itu mah untuk menyenangkan hati mereka saja. Sebetulnya kan Rp 12,1 triliun itu wah luar biasa itu, besar sekali. Kinerjanya jelek banget, bisa dilihat dari Silpa yang sebesar itu," tutur Uchok kepada JawaPos.com, Rabu (21/11).

Menurut Uchok, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seringkali melihat semua persoalan hanya dari kejauhan dan tidak melihat urgensi dari sebuah persoalan. Sehingga, internal di lingkungan Pemprov dapat masuk dalam zaman kekacauan.

"Sekarang di DKI ini zaman kekacauan, ini soal kepemimpinan Anies. Jadi sebetulnya boleh pencitraan di luar, tapi ya perbaiki juga dong internal birokrasi nya. Dia tidak melihat persoalan ada di pelupuk mata, tapi jauh saja kelihatannya," ujarnya.

Tingginya nilai Silpa, menurut Uchok juga dikarenakan masih banyak SKPD yang tidak memiliki pejabat definitif. Sehingga, para Pelaksana Tugas (Plt) tidak berani dalam mengeksekusi program yang telah direncanakan sebelumnya.

"Ini bikin keresahan di internal Pemprov DKI sendiri, semua Plt tidak ada status definitif tidak ada kepastian hukumnya tiba-tiba dipecat. Padahal dipecat itu kan harus pengumuman akan ada lelang jabatan tahun besok, jadi orang siap-siap, punya program," ungkapnya.

Selain itu juga terkait proses lelang. Sering sekali, menurutnya perencanaan dan realisasi selisihnya berbeda jauh.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up